Pangkas Antrean Penumpang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Gunakan Autogate untuk WNA

Pangkas Antrean Penumpang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Gunakan Autogate untuk WNA,

Pangkas Antrean Penumpang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Gunakan Autogate untuk WNA
Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM
Pemeriksaan WNA menggunakan autogate di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, BALI - Turis atau warga negara asing (WNA) tidak perlu khawatir terhadap antrean yang sewaktu -waktu bisa mengalami penumpukan saat menunggu di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai telah menggunakan autogate sebagai sarana untuk melakukan proses pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara I Gusti Ngurah Rai itu.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ujo Sujoto mengatakan, jika sebelumnya pemeriksaan Keimigrasian dengan menggunakan autogate hanya tersedia untuk warga negara Indonesia (WNI), namun kini WNA pun bisa menggunakan autogate tersebut.

"Diharapkan mampu kurangi penumpukan antrean penumpang karena dapat mempersingkat waktu saat pemeriksaan Keimigrasian," ungkapnya dalam rilis resmi Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM yang diterima oleh TribunSolo.com, Selasa (18/6/2019).

Takut Ketinggalan Pesawat? Ini Tempat Menginap di Bandara Ngurah Rai Bali

Menurut Ujo, penyediaan autogate bagi WNA merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat atau dalam hal ini para turis dari berbagai negara di belahan dunia yang berkunjung ke Pulau Dewata.

"Kami yakin akan berdampak baik terhadap citra pariwisata Indonesia di mata dunia, khususnya pariwisata Bali yang terus dikenal wisatawan," paparnya.

Adapun pengadaan perangkat autogate di TPI Ngurah Rai merupakan bentuk kerjasama yang terjalin antara Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai dengan PT Angkasa Pura I.

"Selama ini fasilitas autogate tersedia bagi WNI di terminal kedatangan dan keberangkatan," tutur dia.

Sementara bagi WNA lanjut dia, fasilitas ini hanya tersedia di terminal keberangkatan.

Banyak Destinasi Selain Gunung Agung, Menpar Sebut Pariwisata Bali Aman untuk Wisatawan

"Jumlah autogate yang tersedia di TPI Ngurah Rai sebanyak 6 unit di terminal kedatangan dan 10 unit di terminal keberangkatan," aku dia.

Dikatakan, saat ini pemeriksaan Keimigrasian dengan pengambilan sidik jari dan foto wajah telah diterapkan kepada seluruh WNA yang masuk ke Indonesia melalui TPI Ngurah Rai sehingga pada saat keberangkatan mereka dapat menggunakan fasilitas autogate.

"Pemeriksaan Keimigrasian di terminal kedatangan internasional dengan pengambilan foto wajah dan sidik jari butuh waktu 35 – 60 detik per penumpang," kata dia.

"Sedangkan pemeriksaan Keimigrasian di terminal keberangkatan internasional dengan menggunakan autogate hanya butuh 35 - 45 detik per penumpang," katanya menegaskan. (*)

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved