Saat Kim Jong Un Terima Surat "Istimewa" dari Donald Trump

Saat Kim Jong Un Terima Surat "Istimewa" dari Donald Trump, Kim menghargai penilaian politik dan keberanian luar biasa yang ditunjukkan oleh Trump

Saat Kim Jong Un Terima Surat
AP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. 

TRIBUNSOLO.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mendapat sepucuk surat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang membahagiakannya.

Media Korut KCNA memberitakan sebagaimana dikutip AFP Sabtu (22/6/2019), Kim merasa "puas" karena surat itu berisi isi yang sangat "istimewa".

Dalam pemberitaan itu, Kim mengatakan dia sangat menghargai penilaian politik dan keberanian luar biasa yang ditunjukkan oleh Presiden Trump.

"Karena itu, Kim Jong Un menuturkan bahwa akan serius merenungkan isi surat yang begitu menarik itu," demikian laporan KCNA tanpa mencantumkan isi surat.

Negosiasi antara AS dan Korut soal denuklirisasi mengalami kebuntuan pasca-pertemuan kedua Kim dan Trump di Hotel Metropole Hanoi, Vietnam, Februari lalu.

Presiden AS Donald Trump Wacanakan Pertemuan dengan Kim Jong Un

Dalam pertemuan selama dua hari itu, Kim dan Trump tidak menghasilkan keputusan apapun karena perbedaan sikap soal pencabutan sanksi dan timbal balik dari Korut.

Sebelum tumbangnya perundingan itu, Trump selalu mengatakan dia mempunyai hubungan yang luar biasa dengan Kim. Bahkan dia berujar telah "jatuh cinta".

Meski begitu, Kim menerima kunjungan simbolis Presiden China Xi Jinping ke Pyongyang, kunjungan pertama selama 14 tahun terakhir, selama dua hari.

KCNA melansir, Kim menyatakan kunjungan Xi untuk menunjukkan tentang persahabatan China dan DPRK (nama resmi Korut) yang tak berubah dan sempurna kepada dunia.

Para analis menjelaskan Xi menggunakan kunjungan itu untuk menunjukkan kepada Trump pengaruhnya terhadap Kim sepekan jelang KTT G20 di Osaka, Jepang. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Dapat Surat "Istimewa" dari Trump"

Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved