Sidang Putusan MK Digelar Kamis, Kemenkominfo Belum Berencana Batasi Akses Media Sosial

Kemenkominfo hingga saat ini belum berencana membatasi akses media sosial (medsos) saat putusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019.

Sidang Putusan MK Digelar Kamis, Kemenkominfo Belum Berencana Batasi Akses Media Sosial
daily express
ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) belum berencana membatasi akses media sosial (medsos) saat putusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi pada 27 Juni 2019.

"Sekarang ini stabil saja tuh, kalau begini apa yang dibatasi? Enggak usah lah," ujar Menkominfo Rudiantara di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com, Rudiantara menjelaskan dalam pembatasan akses media sosial tidak bisa dilakukan begitu saja, tetapi harus mengacu pada data-data yang ada di lapangan atau statistik penyebaran berita bohong menunjukkan kenaikan.

"Harus berdasarkan fakta, perhitungannya apa? Ini kan lihat statistiknya tuh, ini di sini naik, sekarang di sini (turun)," ujar Rudiantara sembari menunjukkan data.

Besok Sidang Perdana MK, Kominfo Kemungkinan Bakal Batasi Akses WhatsApp dkk

Menurutnya, berdasarkan data yang diperoleh penyebaran berita bohong pada saat ini sudah mengalami penurunan cukup tinggi dibanding saat kerusuhan 21-22 Mei.

Dari data yang ada, persebaran hoaks pada periode 20 Mei sampai 23 Juni di medsos sebanyak 5.606 konten.

Rincian persebarannya melalui Facebook 2.057 konten, Instagram 1.643 konten, Twitter 1.397 konten, dan YouTube 509 konten.

"Kita sama-sama, sampaikan ke publik bahwa ayo kita jaga dunia maya, jangan memantik hoaks yang berkaitan dengan hasil pemilu, dan juga jangan mengedarkan hoaks," katanya. (Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "‎Menkominfo Belum Berencana Batasi Akses Medsos Jelang Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres Oleh MK"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved