Breaking News:

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Gelar Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia di Univet Sukoharjo

Hal ini untuk menetapkan pola pembinaan mahasiswa serta memberi wadah perkembangan potensi mahasiswa.

Penulis: Agil Tri | Editor: Garudea Prabawati
TribunSolo.com/Agil Tri
Perwakilan mahasiswa saat persiapan debat di Univet Sukoharjo, Rabu (26/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) menggelar ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat provinsi di Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan ini diikuit 28 perguruan tinggi baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS) se Jawa Tengah, yang diisi per grub mahasiswa dari PTN atau PTS dengan tiga orang mahasiswa.

Menurut Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI wilayah VI Jateng, Sumarno, KDMI adalah lomba debat tingkat nasional yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Hal ini untuk menetapkan pola pembinaan mahasiswa serta memberi wadah perkembangan potensi mahasiswa.

"Ini merupakan agenda tahunan dan telah memasuki tahun kedua penyelenggaraan, kompetisi debat ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya," katanya.

Sebut Pendemo di MK Hanya Cari Panggung Politik, TKN: Ada Baiknya Mereka Tak Perlu Gelar Aksi

Dalam ajang ini, peserta dituntut untuk berpikir kritis dan komunikatif, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

"Melalui ajang ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Indonesia, tetapi juga dituntut mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik," harapnya.

Dalam kompetisi yang berlangsung selama 3 hari (26-28/6/2019) ini, materi diambilkan dari persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa.

Sedangkan untuk jumlah peserta tahun ini disebutkan meningkat dari tahun sebelumnya, terdiri mahasiswa dari 5 PTN dan 23 PTS yang ada di Jateng.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved