Pilpres 2019

Seusai Temui Prabowo, Sekjen Demokrat Sebut Koalisi Indonesia Adil Makmur Berakhir

Sekjen Partai Demokrat menyebut koalisi Indonesia Adil Makmur telah berakhir pasca-putusan sengketa Pilpres 2019 dibacakan Mahkamah Konstitusi (MK).

Seusai Temui Prabowo, Sekjen Demokrat Sebut Koalisi Indonesia Adil Makmur Berakhir
Rizal Bomantama
Salam komando SBY dan Prabowo Subianto usai pertemuan keduanya selama 3 jam 20 menit di kediaman SBY, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan mengatakan, koalisi Indonesia Adil Makmur telah berakhir pasca-putusan sengketa Pilpres 2019 dibacakan Mahkamah Konstitusi (MK).

Alasannya, Koalisi Adil dan Makmur yang terdiri dari Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dan Berkarya, dibangun dalam rangka mengusung Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Kemarin setelah diketuk oleh MK, tidak ada lagi calon presiden, yang ada adalah presiden terpilih ada presiden tidak terpilih maka koalisi untuk pasangan calon presiden itu telah berakhir," kata Hinca di Kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, (28/6/2019).

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com, posisi partai Demokrat sendiri ke depannya menurut Hinca akan dikembalikan ke mekanisme partai.

Sekjen Partai Demokrat dan PAN Temui Prabowo Subianto di Kertanegara

Ia akan terlebih dahulu melapor kepada Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) soal berakhirnya koalisi.

"Di Demokrat itu soal wilayah calon presiden dan calon wakil presiden itu kewenangannya majelis tinggi partai yang kebetulan ketuanya adalah ketua umum, tentu setelah ini saya akan melaporkan kepada partai, lewat ketua umum dan juga majelis tinggi partai," katanya.

Menurut Hinca, dukungan ke Prabowo-Sandi tidak diputuskan melalui Rakernas Partai melainkan melalui majelis tinggi.

Karena itu, dalam menentukan sikap Demokrat ke depan apakah akan tetap oposisi atau masuk koalisi pemerintah belum tentu diputuskan melalui Rakernas.

"Tentu selanjutnya setelah ini saya akan melaporkan kepada partai, lewat ketua umum dan juga majelis tinggi partai. Itu mekanisme di kami," katanya.  (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Demokrat: Setelah Putusan MK Koalisi Berakhir"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved