Terkait Sistem Zonasi, Ganjar Yakinkan Agar Semua Sekolah di Jateng Jadi Favorit

Terkait Sistem Zonasi, Ganjar Yakinkan Agar Semua Sekolah di Jateng Jadi Favorit, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Terkait Sistem Zonasi, Ganjar Yakinkan Agar Semua Sekolah di Jateng Jadi Favorit
TribunSolo.com/Eka Fitriani
Gubernur Jateng saat mengunjungi SMAN 1 Solo, Jumat (28/6/2019) 

 Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meyakinkan, fungsi penerapan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 agar semua sekolah berkategori favorit.

Pihaknya menekankan, agar tidak ada lagi orangtua atau elemen yang berpolemik terhadap sistem dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

"Zonasi itu bagus tapi kita memang butuh waktu agar semua sekolah jadi favorit," kata Ganjar saat mengunjungi SMAN 1 Solo, Jumat (28/6/2019).

Sistem Zonasi PPDB 2019 Berpolemik, Pakar Pendidikan UNS : Ada 8 Standar yang Harus Dipenuhi

Orang nomor satu di Jateng itu menceritakan, banyak siswa yang mendambakan sekolah tertentu karena adanya fasilitas yang memadai.

Di antaranya gedung yang megah, fasilitas yang lengkap, tradisi hingga kualitas guru.

"Nah untuk itu tugas saya (Gubernur) dari pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)memfavoritkan seluruh sekolah di Jateng khususnya," terang dia.

"Bahkan guru juga akan bergeser, sehingga diharapkan guru yang dirotasi mampu mendidik anak memiliki kesempatan yang sama," ujar Ganjar menegaskan.

Kuota Zonasi PPDB Dikurangi, Buka Kesempatan Siswa Berprestasi Bersekolah di SMA Favoritnya

Dirinya juga berjanji untuk terus merevisi pemeretaan sekolah, mengingat menerapkan sistem zonasi pada PPDB sudah berlangsung sejak 2 tahun ini.

Dalam sistem baru itu, di antaranta mengatur bahwa jarak dari rumah ke sekolah sebagai syarat utama, sehingga bukan didasarkan pada nilai rapor dan ujian nasional.

"Kami akan terus memantau," jelasnya. (*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved