11 Negara Bidik Juara Catur Junior Asia di Solo

Kejuaraan Catur Junior Tingkat Asia bertajuk Asian Juniors and Girls Chess Championship 2019 digelar di Indonesia dengan Kota Solo sebagai tuan rumah.

11 Negara Bidik Juara Catur Junior Asia di Solo
TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADIPHA
Pecatur junior Indonesia bertanding dengan pecatur Hong Kong, Selasa (2/7/2019) siang. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kejuaraan Catur Junior Tingkat Asia bertajuk Asian Juniors and Girls Chess Championship 2019 digelar di Indonesia dengan Kota Solo sebagai tuan rumah.

Sebanyak 11 negara bersaing untuk mendapatkan title juara catur tingkat Asia yang akan diselenggarakan selama sepuluh hari di Lorin Solo Hotel.

Asian Junior Chess Championship (AJCC) adalah kejuaraan catur bagi pecatur remaja Asia yang berusia 20 tahun ke bawah.

Event ini adalah arena bergengsi bagi para pecatur junior Asia karena di turnamen ini para pecatur muda bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berhak menyadang gelar sebagai 'yang terbaik' di Asia.

Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), Utut Adianto, mengatakan, tantangan besar bagi Indonesia sebagai tuan rrumah kejuaraan ini.

“Inilah saatnya kita menunjukkan ke dunia luar, bahwa catur memiliki tradisi yang cukup mengakar di Indonesia sehingga kita pantas dan mampu untuk menyelenggarakan event besar ini,” ujanya ditemui wartawan di Lorin Solo Hotel pada Selasa (2/7/2019) siang.

Jadwal Live Streaming dan Drawing Indonesia Open 2019, Perang Saudara di Sektor Ganda Campuran

Ia menambahkan, ajang ini sekaligus untuk memberikan kesempatan pecatur junior Indonesia bertanding dengan para pecatur terbaik di Asia.

Indonesia pernah dua kali memproduksi Juara Catur Junior Asia yakni Andi Suhendra Supardi yang menjadi juara junior Asia pada tahun 1991 dan langsung mendapat gelar IM.

Pecatur kedua Indonesia yang mampu menjadi Juara Catur Junior Asia adalah Novendra Priasmoro, yang dilakukannya tahun 2018 lalu di Ulaanbaatar, Mongolia.

Halaman
12
Penulis: Facundo Crysnha Pradipha
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved