Festival Ketoprak Ceritakan Solo Akan Manjakan Warga dan Wisatawan, Simak Jadwalnya

Festival Ketoprak Ceritakan Solo Akan Manjakan Warga dan Wisatawan, Kepala Bidang Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar

Festival Ketoprak Ceritakan Solo Akan Manjakan Warga dan Wisatawan, Simak Jadwalnya
TribunSolo.com/Reza Dwi Wijayanti
Kepala Bidang Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar saat memberikan keterangan pers, Kamis (4/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Reza Dwi Wijayanti

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Warga dan wisatawan akan dimanjakan dengan sajian Festival Ketoprak di gedung di Gedung Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Sabtu-Minggu (6-7/7/2019).

Kepala Bidang Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar menerangkan, Festival Ketoprak merupakan kegiatan yang digelar ke-IX kalinya melalui kerjasama antara Pemkot Solo dengan Pakempalan Ketoprak Surakarta (Paskura).

Kegiatan itu lanjut dia, sebagai bentuk upaya Pemkot Solo dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan regenerasi kesenian karena seni ketoprak mulai ditinggalkan.

"Kita angkat sejarah Kota Solo, Ndhudah Solo," ujar dia Maretha saat memberikan keterangan pers, Kamis (4/7/2019).

Bertutur Nasihat Lewat Kesenian, Pentas Ketoprak di Balekambang Solo Kampanyekan Bahaya Hoaks

Festival Ketoprak Solo ke-IX 2019 itu lanjut Maretha, bakal diikuti oleh lima kontingen dari kecamatan meliputi Jebres, Laweyan, Banjarsari, Pasar Kliwon dan Serengan.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan itu ada workshop ketoprak, sarasehan, maupun festival.

Ketoprak Balekambang Solo Pentas Perdana

Dalam festival itu peserta akan memperebutkan nominasi pemeran pria terbaik, pemeran wanita terbaik, sutradara terbaik, artistik terbaik, kelompok penyaji terbaik, dan kelompok penyaji favorit.

"Sudah ada piala bergilir Wali Kota yang nanti akan diserahkan, sempat sebelumnya di pegang oleh Kecamatan Serengan," imbuhnya.

"Bisa ditonton untuk umum atau masyarakat, hingga wisatawan," jelas menegaskan. (*)

Penulis: Reza Dwi Wijayanti
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved