Pilpres 2019

Pesan Jokowi Usai Pilpres: Negara Lain Sudah Bangun Infrastruktur, Kita Masih Urusan Saling Membenci

Presiden Joko Widodo menyampaikan, pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih presiden dan wakil presiden telah berakhir.

Pesan Jokowi Usai Pilpres: Negara Lain Sudah Bangun Infrastruktur, Kita Masih Urusan Saling Membenci
Tribunnews.com/Fransiskus
Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin terlihat menebar senyum saat tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Minggu (30/6/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, MANADO - Presiden Joko Widodo menyampaikan, pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih presiden dan wakil presiden telah berakhir.

Untuk itu, ia kembali mengajak masyarakat untuk kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutannya dalam acara penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Gedung Graha Bumi Beringin, Kota Manado, Kamis, (4/7/2019).

"Saya titip ini, pilpres kan sudah selesai setelah putusan Mahkamah Konstitusi, jangan sampai ada lagi yang namanya di antara kita ini misalnya ada yang tidak saling sapa antartetangga karena dulu beda pilihan, tidak saling ngomong antarteman karena beda pilihan," kata Presiden seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Maruf Amin Yakin Jokowi Bakal Akomodasi Menteri dari Parpol Pendukung

Menurut Presiden, perbedaan dalam pilihan politik adalah sesuatu yang lumrah.

Untuk itu, seluruh masyarakat harus mempunyai sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut serta tetap menjalin persaudaraan.

"Marilah kita berangkulan kembali, bersatu kembali, sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air. Apa pun sukunya, apa pun agamanya, kita ini saudara sebangsa dan se-Tanah Air," ujar dia.

Sebagai sebuah bangsa besar, kata Presiden, tantangan yang dihadapi Indonesia pun besar.

Sosok Menteri yang Diprediksi Tetap Dipertahankan Jokowi di Periode Kedua Menurut Pengamat Politik

Jika seluruh elemen bangsa tidak bersatu dan bersama-sama membangun bangsa, bukan tidak mungkin Indonesia akan ditinggalkan negara-negara lain

"Negara lain sudah jauh membangun infrastrukturnya, kita masih urusan saling membenci, saling mendengki, saling tidak sapa antartetangga, semakin tertinggal kita nanti."

"Saya ingatkan kepada kita semuanya, kita berangkulan bersatu kembali membangun negara ini, memajukan negara ini," ucap dia.

Pilpres 2019 berakhir dengan ditetapkannya Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Penetapan dilakukan KPU setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Jokowi: Pilpres Sudah Selesai, Jangan Lagi Ada yang Tak Saling Sapa

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved