Alami Hamil di Luar Kandungan dan Pendarahan,Ibu Asal Lombok Ini Gagal Naik Haji

Menurut dia, keduanya batal berangkat karena kehamilan mereka sangat berisiko apalagi jika terbang selama 11 jam.

Alami Hamil di Luar Kandungan dan Pendarahan,Ibu Asal Lombok Ini Gagal Naik Haji
(FITRI RACHMAWATI)
Emawati (39) salah seorang calon jemaah haji asal, Sembalun, Lombok Timur batal berangkat ke tanah suci Mekah, karena dilaporkan hamil muda dengan usia kandungan dibawah 14 minggu dan dianggap berbahaya untuk kesehatannya dan kandungannya. 

TRIBUNSOLO.COM - Dua perempuan jemaah calon haji asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ( NTB) tersebut gagal naik haji para perode pemberangkatan tahun 2019.

Mereka adalah bagian dari 455 calon jemaah haji kloter pertama yang berangkat ke Makkah, Sabtu malam, pukul 21.30 WITA, melalui Bandara Internasional Lombok.

Dua perempuan ini Emawati dan Marhamah gagal berangkat berhaji, Marhamah lantaran mengalami pendaharahan karena hamil di luar kandungan, serta Emawati diketahui sedang hamil 5 bulan.

Marhamah Binti Muhammad Munawar (50), asal Lombok Timur, pada Minggu (7/7/2019), dirawat di Rumah Sakit Umum Provinsi NTB hingga kondisinya membaik.

Dilansir TribunSolo.com dari Kompas.com, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Mataram Wayan Diantika memberikan alasan melarang dua calon jemaah haji terbang ke Mekah.

Menurut dia, keduanya batal berangkat karena kehamilan mereka sangat berisiko apalagi jika terbang selama 11 jam.

Wayan Diantika memberikan imbauan kepada calon jemaah haji, yang jika mengetahui dirinya hamil maka tidak usah masuk ke asrama haji.

Pria Teler di Yogya Ini Pukul Pengendara Motor di Jalan, Akibatnya Kena Hantaman Helm Hingga KO

"Jika usia kehamilannya sebelum 14 minggu dan setelah 26 minggu, risiko mengalami keguguran dan pendarahan.

Buat apa kita berangkat ke tanah suci kalau berdarah tidak boleh masuk masjid, tidak boleh ibadah, kan rugi," kata Wayan Diantika.

Dia juga mengingatkan jika berangkat ke tanah suci dalam keadaan berisiko akan mempengaruhi seluruh rangkaian ibadah seluruh anggota kloter.

Halaman
123
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved