Kesehatan Memburuk, Sarwono Mencari Nafkah dengan Menahan Sakit

Sarwono merupakan pria asli kelahiran Solo yang selama 22 tahun pernah merantau di Papua.

Kesehatan Memburuk, Sarwono Mencari Nafkah dengan Menahan Sakit
ACT Solo
Menderita penyakit paru obstruktif kronis dan asam urat, saat ini Sarwono dalam aktivitas sehari-harinya terganggu terutama saat membecak. 

TRIBUNSOLO.COM - Menderita penyakit paru obstruktif kronis dan asam urat, saat ini Sarwono dalam aktivitas sehari-harinya terganggu terutama saat membecak.

Kesehatan yang buruk, ia tetap berjuang menahan sakit untuk mencari nafkah.

Sarwono merupakan pria asli kelahiran Solo yang selama 22 tahun pernah merantau di Papua.

Istri dan ketiga anaknya saat ini tinggal di Purwodadi akan tetapi keputusannya ke Solo ialah untuk membecak demi mencukupi kebutuhan keluarganya.

Harapan yang tidak berbuah hasil lantaran kondisi kesehatan yang semakin parah.

Sarwono menceritakan bahwa sudah lama tidak bisa menghubungi keluarganya yang ada di Purwodadi karena keadaan yang serba terbatas saat ini.

Ia juga menambahkan bahwa dengan kondisi seperti saat ini, membuat konsumen tidak melirik lagi untuk menaiki becak sebagai alat transportasi mereka.

Pendapatan yang ia perolah tiap hari hanya 16 ribu rupiah itupun masih kepotong untuk biaya sewa becak perhari 5 ribu rupiah.

Melihat kondisi tersebut,  Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program Mobile Social Rescue melakukan pendampingan terhadap Sarwono.

Senin pagi, tim MSR, tak hanya itu, tim MSR juga memberikan edukasi kepada Sarwono agar terus menjaga kesehatan dengan-pola yang baik.

 “Contoh yang perlu diterapkan dalam pembelajaran bapak Sarwono yaitu tanggung jawab dan semangatnya, meskipun dalam keadaan sakit beliau tetap semangat bekerja” ungkap Ardiyan Sapto dari Tim Program ACT Solo.

Pendampingan berlanjut, tim MSR mengantarkan Sarwono ke rumah sakit Moewardi untuk melakukan cek up kesehatan dan terapi nebulizer. Hal tersebut memungkinkan akan dilakukan secara rutin oleh Sarwono yang akan di damping oleh tim MSR dari ACT Solo.

Selain memberikan pendampingan kesehatan, ACT Solo akan meyalurkan  bantuan berupa sembako dan sandang.  

Program seperti ini akan di massifkan oleh ACT Solo serta berupaya untuk menggerakkan kepedulian ummat agar peduli terhadap lansia yang benar-benar membutuhkan bantuan. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved