Jumlah DPT Naik, Bawaslu Sukoharjo akan Naikkan Pengajuan Anggaran Pengawasan Pilkada 2020

Bawaslu Kabupaten Sukoharjo masih terus mengkaji jumlah anggaran yang akan diajukan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2020) di Sukoharjo.

Jumlah DPT Naik, Bawaslu Sukoharjo akan Naikkan Pengajuan Anggaran Pengawasan Pilkada 2020
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Ketua dan Komisioner Bawaslu Sukoharjo saat jumpa pers, Senin (22/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo masih terus mengkaji jumlah anggaran yang akan diajukan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2020) di Sukoharjo.

Pilkada yang rencananya akan dilangsungkan pada 23 Septermber 2019 ini, masih dalam tahap tahapan awal untuk menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Menurut Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto, penyelenggaran pemilu bersama instansi terkait telah memetakan dan menyusun DPT berkelanjutan.

"Terkait Daftar Pemilih Khusus (DPK) harus dimasukan ke data, sekaligus pemilih potensial," katanya saat jumpa pers, Senin (22/7/2019).

Bawaslu saat uni melakukan pengawasan penyusunan Daftar Pemilih, yang dimulai dari pengecekan DPK, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, pada Jumat (19/7/2019) kemarin.

Kandidat Pilkada Kota Solo: Sosok Wanita Calon Penerus Jokowi dan Rudy Muncul, Siapakah Dia?

"Kemarin Jumat, kami berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kita membuka kotak untuk mengambil DPK dan di input ke Sidaleh," lanjutnya.

Hasilnya, ada kenaikan jumlah DPT sekitar 22 ribu, yang berimbas pada kenaikan jumlah TPS pada Pilkada 2020 di Sukoharjo mendatang.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Data Hukum dan Informasi, Muladi Wibowo mengatakan, data Disdukcapil yang mempunyai hak pilih sebanyak 691.651 orang.

"Itu merupakan perkiraan penduduk sampai September 2019 dari Disdukcapil, 4.003 orang belum rekam, dan 10 ribu orang merupakan pemilih pemula," katanya.

Dari jumlah DPT 691 ribu tersebut, jika masing-masing TPS diisi 400 DPT, maka dalam Pilkada 2020 di Sukoharjo membutuhkan 1.727 TPS.

"Perkiraan anggaran awal Rp 13 milyar, tapi perlu masih penyesuaian dengan jumlah TPS."

"Perkiraan awal jumlah TPSnya sebanyak 1.600 TPS, jadi mungkin akan ada kenaikan anggaran," pungkasnya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved