Soal Pemilihan Pemain di Film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo: Semua Wajib sudah Baca Novelnya

Dua pekan lagi film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama akan tayang di seluruh bioskop.

Soal Pemilihan Pemain di Film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo: Semua Wajib sudah Baca Novelnya
hanung bramantyo 

TRIBUNSOLO.COM - Dua pekan lagi film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama akan tayang di seluruh bioskop Indonesia, pada 15 Agustus 2019.

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, film ini disambut antusias para penikmat film sekaligus penggemar karya Pramoedya.

Demi menjawab antusiasme tersebut, Hanung Bramantyo selaku sutradara memberikan standar ketat kepada para pemainnya.

Salah satunya dengan mewajibkan para pemain sudah selesai membaca novel Bumi Manusia yang merupakan bagian pertama dari roman tetralogi Pulau Buru tersebut.

"Jadi saya bukan cuma kasting terus cocok dan main, tetapi semua yang terlibat wajib sudah membaca novel Bumi Manusia, itu syaratnya," ujar Hanung saat berkunjung ke Kompas.com, baru-baru ini.

Menurut Hanung, syarat tersebut agar para pemain memahami betul alur cerita dan tokoh dari novel yang mengantar Pram menjadi finalis nobel sastra. 

Pernah Jadi Korban Buli, Maudy Ayunda Bagikan Trik Jitu untuk Lawan Beauty Bullying

Apalagi, ia tak mau mengecewakan para penggemar yang menanti kehadiran film syarat nuansa nasionalisme pada awal abad 20.

"Saya enggak mau ada missed kecil hanya karena para pemain belum membaca novel yang saya rasa sangat bagus ini," ujarnya.

Bahkan, kata Hanung, ia juga menerapkan hal itu kepada Iqbaal Ramadhan yang berperan sebagai Minke, satu tokoh kunci novel ini. 

"Iqbaal pun demikian, meskipun dia sudah membintangi film dengan enam juta penonton, saya tak peduli, semua wajib sudah baca," kata Hanung.

Beberapa nama terlibat seperti Iqbaal Ramadhan (Minke), Mawar Eva de Jongh (Annelies), Jerome Kurniawan (Robert Suurhof), Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Bryan Domani (Jan Dapperste alias Panji Darman) dan lainnya.

Selain itu, film Bumi Manusia juga akan tayang berbarengan dengan film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya lainnya, yakni Perburuan yang dibintangi Adipati Dolken. (Kompas.com/Andika Aditia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hanung Bramantyo: Meskipun Iqbaal Bintangi Film dengan 6 Juta Penonton, Saya Tak Peduli"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved