Musim Haji 2019

Dosen UNS Solo Pimpin Senam 'Ngapak' Bersama Amirul Hajj di Kampung Jarwal Mekkah

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin berolahraga senam 'ngapak' dengan penuh semangat bersama jemaah haji yang tinggal di Kampung Jarwal, Mekkah.

Dosen UNS Solo Pimpin Senam 'Ngapak' Bersama Amirul Hajj di Kampung Jarwal Mekkah
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengikuti senam Ngapak bersama jemaah haji asal Jawa Tengah di Kampung Jarwal, Makkah, Sabtu (13/8/2019). Senam diadakan untuk menjaga kebugaran jemaah haji sebelum menghadapi puncak haji. 

TRIBUNSOLO.COM, MEKKAH - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin berolahraga senam 'ngapak' dengan penuh semangat bersama jemaah haji yang tinggal di Kampung Jarwal, Mekkah, yang merupakan pemondokan jemaah yang sebagian besar berasal dari Jawa Tengah.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin bergegas dari Kantor Urusan Haji Indonesia yang terletak di Syisyah, Mekkah, sekitar pukul 06.15 waktu setempat.

Dengan mengendarai mobil ia bersama Sekretaris dan anggota delegasi Amirul Hajj meluncur menembus jalanan pagi di Kota Mekkah yang sudah mulai padat menuju kawasan Jarwal yang berjarak sekitar 4 km.

Berkendara selama kira-kira 20 menit, Menteri Agama Lukman Hakim tiba di Jarwal dan langsung dikerubuti jemaah yang telah menunggunya.

Banyak dari mereka berusaha mendekat untuk meminta berfoto bersama.

Ia kemudian mengambil barisan di depan tepat berhadapan dengan panggung instruktur senam yang telah bersiap dengan musik.

Calon Haji Asal Sleman Wafat di Pemondokan Arab Saudi, Total 9 Jemaah Meninggal Dunia

Senam dipimpin oleh anggota jemaah asal Solo yang juga dosen olahraga dari UNS yakni DR Waluyo.

Sekitar 30 menit melakukan gerakan senam yang penuh semangat namun ceria itu, Lukman dan jemaah tampak berkeringat.

Kepada wartawan ia mengatakan kegiatan tersebut penting untuk menjaga kebugaran jasmani jamaah.

“Ya kita baru saja selesai senam pagi bersama seluruh jamaah haji yang tinggal di Hotel Kiswah di Jarwal ini adalah sebagian besar adalah jamaah-jamaah Embarkasi Solo dari Jawa Tengah."

"Dan ini adalah cara petugas haji kita di sektor 10 untuk bagaimana agar senantiasa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik melalui senam bersama ini dan ini juga merupakan selingan aktivitas yang harapannya membawa manfaat bagi kita semua,” kata Lukman.

Ia sendiri setelah bersenam bersama mengaku merasa lebih segar dan bugar.

Tukang Becak Naik Haji: Tabung Uang di Dalam Bambu Selama 28 tahun Berawal dari Rp 1000

“Alhamdulillah kita jadi lebih segar keluar seluruh keringat ini untuk mengimbangi aktivitas kita selama kita berada di Tanah Suci sehingga ini tidak hanya merupakan selingan kegiatan tapi harapannya tentu membawa manfaat bagi kebugaran jasmani kita,” kata Lukman.

Sebagian besar jamaah yang ikut senam adalah mereka yang dalam kesehariannya menggunakan bahasa Jawa berlogat ngapak sehingga program tersebut dinamakan Olahraga Senam Ngapak (OSN) yang rutin dilakukan setiap pagi di depan halaman Hotel Kiswah, Jarwal, mulai pukul 6.30 pagi waktu setempat. (Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi)

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved