Fakta Lain tentang Enzo Taruna Akmil Blasteran Prancis: Kuasai 3 Bahasa hingga Fasih Mengaji

Enzo Zenz Allie (18), seorang warga negara Indonesia keturunan Prancis, tercatat sebagai calon Taruna Akademi TNI tahun 2019.

Fakta Lain tentang Enzo Taruna Akmil Blasteran Prancis: Kuasai 3 Bahasa hingga Fasih Mengaji
Tribun Jogja/Rendika F
Enzo Zenz Allie, calon Taruna Akademi TNI keturunan Prancis, berbaris menuju tempat upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan Caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa (6/8). 

TRIBUNSOLO.COM - Enzo Zenz Allie (18), seorang warga negara Indonesia keturunan Prancis, tercatat sebagai calon Taruna Akademi TNI tahun 2019.

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, Enzo, bertekad menjadi prajurit Infanteri dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Dalam keterangan tertulisnya, Aspers Kasad Mayjen Heri Wiranto mengatakan, keinginan Enzo menjadi prajurit Infanteri dan Kopassus tersebut disampaikan dalam kegiatan penerimaan TNI dengan sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) terpusat yang dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Jumat (2/8/2019), di Gedung Lily Rochli, Akmil, Magelang.

"Dalam acara itu, terdapat Catar Akmil yang menarik perhatian Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan, yaitu Enzo Zenz Allie, yang bersangkutan merupakan anak yatim yang memiliki kemauan keras untuk menjadi prajurit Infanteri dan Kopassus," kata Heri.

Sosok Enzo Zenz Allie: WNI Keturunan Prancis yang Pernah Nyantri, Kini Lolos Jadi Taruna Akmil

Heri mengisahkan, Enzo lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Paris, Ibu Kota Prancis.

Baru pada saat usianya menginjak 13 tahun, Enzo hijrah ke Indonesia.

"Sewaktu kecil ia ikut bersama ayahnya, Jeans Paul Francois Allie namun, setelah ayahnya meninggal, Enzo dibawa pulang oleh ibunya, dan melanjutkan sekolah di salah satu pesantren di Serang, Banten," tambahnya.

Selain bahasa Indonesia yang merupakan bahasa Ibu, tutur Heri, Enzo yang menempuh Sekolah Dasar (SD) di Perancis serta SMP dan SMA di Indonesia, menguasai bahasa Prancis dan Inggris serta lancar mengaji Alquran.

"Kemampuan bahasa memang tidak jadi persyaratan mutlak, namun menjadi nilai tambah bagi Catar dalam berkompetisi dengan yang lain."

"Termasuk Enzo, dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan calon prajurit taruna (Capratar) karena nilai memenuhi syarat," imbuhnya.

5 Berita Viral Hari ini, Enzo Si Taruna Blasteran Perancis, Sampai Ditilang Nyanyi Indonesia Raya

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved