Tujuh Tokoh yang Disebut-sebut Jadi Orang Terkuat di Lingkaran Presiden Jokowi, Simak Profilnya

Pengamat politik, Refly Harun, menyebut ada tujuh orang kuat yang berada di lingkaran Presiden Joko Widodo.

Tujuh Tokoh yang Disebut-sebut Jadi Orang Terkuat di Lingkaran Presiden Jokowi, Simak Profilnya
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung saat memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - Pengamat politik, Refly Harun, menyebut ada enam orang kuat yang berada di lingkaran Presiden Joko Widodo.

Bahkan ketokohan orang-orang tersebut melebihi pembantu Jokowi yang lain.

Di antaranya adalah Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Wapres Jusuf Kalla, Mantan Kepala BIN terdahulu, Hendropriyono, serta Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

"Ada orang-orang kuat di lingkaran Jokowi yang ketokohannya bisa melebihi pembantu Jokowi lainnya. Di situ ada Surya Paloh, ada Hendropriyono, ada Jusuf Kalla, ada Luhut, Megawati. Mega itu satu paket dengan BG (Budi Gunawan)," ungkap Refly di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019) pekan lalu.

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com, menurut Ahli Hukum Tata Negara ini, keenam orang ini memiliki kekuatan dan pengaruh lebih besar ketimbang elite-elite politik lainnya.

Potret Keakraban Iriana Jokowi dengan Istri-istri Menteri saat Lomba 17 Agustus, Intip Momennya

Namun satu lagi sosok yang belum dimasukkan yakni KH Ma'ruf Amin yang akan memiliki pengaruh karena sebentar lagi dilantik jadi wakil presiden RI.

Sehingga jumlahnya menjadi tujuh orang.

Artinya, menurut Refly Harun, kemungkinan keputusan-keputusan yang diambil Jokowi dalam penyusunan kabinetnya nanti, ada andil pengaruh dari mereka.

Berikut profil tujuh tokoh tersebut seperti dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com:

Jusuf Kalla

Halaman
1234
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved