Hasil Seleksi Capim KPK yang Lolos Profile Assessment akan Diumumkan 23 Agustus 2019

Pada tanggal 23 Agustus itu, kata dia, pansel akan menggabungkan seluruh hasil seleksi yang telah dilakukan.

Hasil Seleksi Capim KPK yang Lolos Profile Assessment akan Diumumkan 23 Agustus 2019
Tribunnews.com
KPK 

TRIBUNSOLO.COM - Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (pansel capim KPK) akan mengumumkan hasil seleksi profile assessment yang digelar 8-9 Agustus 2019 pada tanggal 23 Agustus 2019 mendatang.

Ketua Pansel Capim KPK periode 2019-2023, Yenti Garnasih mengatakan, dari 40 orang kandidat yang sebelumnya lolos tes psikotes akan tersaring sebanyak 10 orang lewat profile assessment.

"Tanggal 23 penilaiannya Insya Allah selesai dan 23 malam itu diumumkan untuk tanggal 26 Agustus yang tersaring hadir di tes kesehatan di RSPAD," ujar Yenti di Gedung Lemhanas, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019).

Pada tanggal 23 Agustus itu, kata dia, pansel akan menggabungkan seluruh hasil seleksi yang telah dilakukan.

Mulai dari profile assessment, tracker di lembaga-lembaga yang bekerja sama, hingga masukan-masukan yang diterima dari publik.

Sejak 40 orang kandidat capim KPK diumumkan pada 5 Agustus, kata Yenti, pihaknya sudah bekerja menyiapkan dokumen-dokumen ke-40 orang tersebut. 

Ia juga telah mengirimkannya langsung ke 8 lembaga yang bertugas untuk menjadi tracker atau menelusuri para capim KPK tersebut.

Sebanyak 40 Capim KPK Lolos Tes Psikologi, Didominasi Dosen dan Polri

Ke-8 lembaga untuk tracker tersebut adalah KPK itu sendiri, Polri, Kejaksaan, Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal Pajak, serta Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Tracker sedang bekerja. Kami minta hasil mereka menelusurinya tidak hanya kesimpulan saja tapi juga narasinya," pungkas dia.

Adapun dari serangkaian seleksi yang dilaksanakan, pansel capim KPK akan menyampaikan hasilnya kepada Presiden pada 2 September 2019 mendatang.

Sebab setelah proses seleksi profile assesment ini masih ada beberapa tahapan yang dilakukan, yakni tes kesehatan, serta wawancara dan debat publik.

Rencananya, tahapan terakhir itu akan dilaksanakan pada 26-30 Agustus 2019 ini. (Kompas.com/Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "23 Agustus, Pansel Umumkan Capim KPK yang Lolos Profile Assessment"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved