Huawei Luncurkan OS Harmony, Ancaman bagi Android?

Huawei, raksasa teknologi asal China akhirnya resmi meluncurkan sistem operasinya sendiri, yang diberinama Harmony alias Hongmeng.

Huawei Luncurkan OS Harmony, Ancaman bagi Android?
KOMPAS.com
Ilustrasi Huawei 

TRIBUNSOLO.COM, CHINA - Huawei, raksasa teknologi asal China akhirnya resmi meluncurkan sistem operasinya sendiri, yang diberinama Harmony alias Hongmeng dalam bahasa China.

"Harmony atau Hongmeng dalam bahasa China, sama sekali berbeda dari sistem operasi Android dan iOS," kata CEO Bisnis Konsumen Huawei, Richard Yu, dikutip CNN, Selasa (13/8/2019).

Adapun sistem operasi ini diluncurkan karena perusahaan tersebut telah dikecam menggunakan sistem operasi perangkat lunak dari Negeri Paman Sam sejak perang dagang berkecamuk.

Pun digadang-gadang menjadi sebuah langkah yang dapat melindungi pembuat smartphone asal China karena perang dagang yang tensinya terus meningkat.

Perang Dagang AS vs Cina, Huawei Tunda Penobatan Jadi Merek Ponsel Pertama Dunia

Yu mengatakan, sistem operasi miliknya ini siap digunakan kapanpun jika AS benar-benar menghentikan sistem operasi Androidnya di tipe ponsel terbaru Huawei.

Artinya, untuk saat ini Huawei bakal terus menggunakan Android jika penghentian belum dilakukan.

"Kami akan beralih ke sistem Harmony ketika kami tidak dapat menggunakan Android."

"Tidak terlalu sulit untuk bermigrasi dari Android ke sistem Huawei sendiri," kata dia, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Kasus Hukum Kriss Hatta Tetap Diproses, Kepolisian: Delik Murni Gimana Bisa Bebas

Nantinya, Harmony akan ditempatkan pertama kali di jam tangan pintar Huawei, layar pintar, speaker pintar, dan perangkat lainnya termasuk ke sistem kendaraan.

Perangkat yang di dalamnya menggunakan perangkat Harmony akan saling terintegrasi satu sama lain.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved