Berita Solo Terbaru

Gapura Buatan Masyarakat RW 1 Sidodadi Kelurahan Pajang Solo Ikuti Festival Gapura Tingkat Nasional

Gapura buatan masyarakat RW 1 Sidodadi akan wakili Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo dalam Festival Gapura Cinta Negeri tingkat nasional.

Gapura Buatan Masyarakat RW 1 Sidodadi Kelurahan Pajang Solo Ikuti Festival Gapura Tingkat Nasional
Danang Dwi Jatmiko
Tampilan gapura buatan warga Sidodadi RW 1, Pajang, Laweyan, Solo, Rabu (14/8/2019). Gapura ini akan diikutkan dalam Festival Gapura Cinta Negeri yang dilaksanakan mulai 17 Juli 2019 sampai 17 Agustus 2019. 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com - Adi Surya

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Gapura buatan masyarakat RW 1 Sidodadi akan wakili Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo dalam Festival Gapura Cinta Negeri tingkat nasional.

Festival ini diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif mulai tanggal 17 Juli 2019 sampai 17 Agustus 2019.

Masyarakat RW 1 Sidodadi Pajang memulai proses penggarapan gapura pada 1 Agustus 2019 lalu, dan kini gapura itu sudah siap untuk diikutkan dalam Festival Gapura Cinta Negeri.

Ornamen-ornamen yang ditampilkan tidak lepas dari unsur historis dan budaya setempat, yakni keraton Kasultanan Pajang dan epos Mahabaratha.

"Daerah Pajang, kan dikenal sebagai bekas berdirinya keraton Kasultanan Pajang."

"Sehingga, kita buat sebuah mahkota di tengah gapura yang dilengkapi dengan logo Kasultanan Pajang," jelas Ketua RW 1 Sidodadi, Pajang, Laweyan, Solo, Danang Prawira Husada.

Rumah Tangganya Diganggu Pelakor, Istri Ravi Bhatia Jodha Akbar Naik Darah & Bentak Si Pelakor

Lebih lanjut, Danang Prawira Husada mengungkapkan dua gambar tokoh wayang dalam epos Mahabaratha, yakni Kresna dan Wrekudara tak luput dipilih sebagai tambahan ornamen.

"Sosok Kresna dipilih karena dapat mewakili sosok pemimpin yang arif bijaksana."

"Sedangkan, sosok Wrekudara untuk menggambarkan sosok kesatria yang gigih dan kerja keras dalam membela kebenaran," jelas Danang Prawira Husada.

Aksi Vandalisme di Jalan Pemuda Klaten Rata-rata Dilakukan Tengah Malam, Pelaku Masih di Bawah Umur

Halaman
12
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved