Pidato di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: UU yang Menyulitkan Rakyat Harus Kita Bongkar

Joko Widodo berharap DPR tetap memberikan dukungan terhadap pemerintah dalam upaya mereformasi peraturan perundang-undangan.

Pidato di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: UU yang Menyulitkan Rakyat Harus Kita Bongkar
KOMPAS.com/IHSANUDDIN
Presiden Joko Widodo berfoto bersama Ketua MPR Zulkfili Hasan dan rombongan kepala lembaga sebelum Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2019 pada Jumat (16/8/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap DPR tetap memberikan dukungan terhadap pemerintah dalam upaya mereformasi peraturan perundang-undangan.

Ia menekankan bahwa undang-undang yang bertabrakan satu dengan yang lain harus diselaraskan.

Hal itu ia katakan saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Undang-undang yang bertabrakan satu dengan yang lain harus kita selaraskan."

"Undang-undang yang menyulitkan rakyat harus kita bongkar," ujar Presiden Jokowi, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Dosen UGM yang Meninggal Gantung Diri: Lulusan Terbaik IPK 4.00, Diduga Depresi karena Penyakitnya

Selain itu ia juga menegaskan, undang-undang yang menghambat kemajuah juga harus diubah.

"Undang-undang yang menghambat lompatan kemajuan harus kita ubah," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menuturkan, sepanjang Agustus 2018 hingga Juli 2019, DPR bersama-sama Pemerintah telah berhasil menyelesaikan pembahasan terhadap 15 Rancangan Undang-Undang (RUU).

Beberapa RUU yang telah dirampungkan yakni RUU APBN, RUU di bidang perjanjian kerja sama internasional, bidang penyelenggaraan haji, bidang kesehatan, akselerasi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Di luar capaian di bidang legislasi tersebut, dukungan DPR pada upaya Pemerintah untuk mereformasi perundang-undangan tetap diharapkan," kata Jokowi. (Kristian Erdianto)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Presiden Jokowi: Undang-undang yang Menyulitkan Rakyat Harus Kita Bongkar

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved