Hadiri Seminar Nasional BPIP, Wagub Jawa Tengah Taj Yasin Singgung soal Pancasila Bersyariah

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengimbau mahasiswa untuk mencegah lahirnya Pancasila Bersyariah.

Hadiri Seminar Nasional BPIP, Wagub Jawa Tengah Taj Yasin Singgung soal Pancasila Bersyariah
TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA
Wakil Gubernur Jawa tengah, Taj Yasin Maimoen, dalam acara Seminar Nasional Pancasila Sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Solo pada Senin (19/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Setelah membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengimbau mahasiswa untuk mencegah lahirnya Pancasila Bersyariah.

Imbauan ini ia sampaikan saat memberikan sambutan di Seminar Nasional Pancasila Sebagai Palform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diselenggarakan di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, pada Senin (19/8/2019).

"Akhir akhir ini, ada kelompok-kelompok atau kalangan-kalangan yang ingin menjadikan pancasila bersyariah, dan ini harus kita cegah," ucap Taj Yasin Maimoen.

Lebih lanjut, Taj Yasin Maimoen mengatakan umat Islam sebenarnya sudah diberikan contoh oleh Nabi Muhammad SAW dalam bernegara. 

GMKI Laporkan Ustaz Abdul Somad ke Bareskrim Polri atas Dugaan Penistaan Agama

"Seandainya beliau memberikan contoh kepada kita bahwa bernegara itu harus memakai hukum agama, maka beliau tidak akan mungkin membuat Piagam Madinah."

"Melalui dibuatnya Piagam itu,  beliau ingin negara yang dinaungi oleh beliau ada untuk semua masyarakat dan semua agama," jelas Taj Yasin Maimoen. 

Taj Yasin Maimoen kemudian menceritakan sedikit saat pertama kalinya Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah.

"Maka ketika pertama kali hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau coba menerapkan syariah."

"Ketika apa yang diemban, dan diajarkan sudah berkembang dengan baik dan sudah meluas, barulah beliau menyurati raja-raja untuk mendeklarasikan kerajaan yang ada di bawah naungan beliau."

Halaman
12
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved