Gubernur Papua Barat Sebut Ada Provokator yang Memicu Pembakaran Gedung DPRD

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan, aksi unjuk rasa di Kota Manokwari untuk memprotes dugaan persekusi mahasiswa Papua di Jatim.

Gubernur Papua Barat Sebut Ada Provokator yang Memicu Pembakaran Gedung DPRD
ANTARA FOTO/TOYIBAN
Massa membakar ban saat kerusuhan di pintu masuk Jalan Trikora Wosi Manokwari, Senin (19/8/2019). Aksi ini merupakan buntut dari kemarahan mereka atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat di Kota Manokwari untuk memprotes dugaan persekusi mahasiswa Papua di Jawa Timur, awalnya berlangsung dalam koridor damai.

Namun menurutnya ada yang manfaatkan momentum tersebut untuk melakukan aksi untuk kepentingan tertentu hingga menyebabkan gedung DPRD Papua Barat di Manokwari terbakar.

“Jadi adik-adik mahasiswa dan masyarakat awalnya melakukan aksi damai untuk menyampaikan aspirasi atas kejadian di Jawa Timur, tapi ketika mereka bergerak ke Gedung DPRD ternyata sudah ada kebakaran."

"Ada pihak-pihak yang memanfaatkan gerakan massa ini untuk kepentingan suatu kelompok hingga gedung itu terbakar,” ungkapnya saat dihubungi awak media, Senin (19/8/2019).

Gubernur Papua Barat Sesalkan Ucapan Wawali Kota Malang yang Berniat Pulangkan Warga Papua

Karena itu dia mendukung pengusutan atas tindak pembakaran tersebut dan ia mendorong agar pelakunya segera diproses hukum. 

Dominggus juga meminta Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, untuk meminta maaf sekaligus mencabut pernyataan akan mengusir mahasiswa asal Papua dari kota tersebut.

Menurutnya, hal tersebut melanggar hak mahasiswa asal Papua yang juga merupakan warga Indonesia untuk menuntut ilmu di seluruh wilayah nusantara.

“Dengan adanya masalah tersebut seharusnya saya, Gubernur Papua, dan Gubernur Jawa Timur diajak berdiskusi dan difasilitasi menyelesaikan masalah secara arif dan bijaksana."

"Bukan malah membuat pernyataan yang tak seharusnya,” ujar Dominggus. (Tribunnews.com/Rizal Bomantama) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Gubernur Papua Barat: Ada yang Manfaatkan Aksi Demo untuk Bakar Gedung DPRD"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved