KPU Mulai Bahas Anggaran Pilkada 2020 dengan Kemendagri dan Pemda

KPU RI sudah mulai membicarakan bab anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 bersama pemerintah daerah dan Kemendagri.

KPU Mulai Bahas Anggaran Pilkada 2020 dengan Kemendagri dan Pemda
Tribunsolo.com/Asep Abdullah Rowi
Aparat polisi berjaga di KPU Solo, Jalan Kahuripan Utara Nomor 23, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (22/5/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Komisioner KPU RI, Hasyim Asyari, mengatakan pihaknya sudah mulai membicarakan bab anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 bersama pemerintah daerah dan Kemendagriselaku pembina pemda.

Meskipun penyelenggaraan Pilkada 2020 masih lama yakni sekitar bulan September 2020, Hasyim Asyari menilai banyaknya komponen yang harus dibiayai membuat pembicaraan anggaran harus dimulai sejak jauh hari.

“Karena Pilkada dibiayai dengan APBD maka kami sudah mulai membicarakannya dengan pemda dan Kemendagri. Walaupun waktunya masih agak longgar, namanya perencanaan anggaran kan tidak bisa mepet, apalagi komponen yang dibiayai kan banyak,” ungkap Hasyim Asyari ditemui di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com, Hasyim Asyari mengatakan dengan ditentukannya anggaran maka semua pihak terkait kemudian bisa menentukan tahapan Pilkadanya, termasuk PKPU (Peraturan KPU).

Pilkada Sukoharjo 2020, Ini Tahapan, Program, dan Jadwalnya Sesuai PKPU No 15/2019

Hasyim Asyari pun menjelaskan perda yang mengatur keuangan daerah yang di dalamnya tercantum anggaran untuk Pilkada harus sudah disahkan 30 hari sebelum tahun anggaran berjalan.

“Kalau kita baca menurut UU Keuangan Negara bahwa jika tahun anggaran dimulai 1 Januari 2020 berarti 30 hari sebelumnya harus sudah ada pengesahan perda yang di dalamnya memuat anggaran untuk Pilkada,” kata Hasyim Asyari.

“Sehingga sebelum itu KPU harus sudah membicarakan detail-detailnya. KPU dalam hal ini sebagai penanggung jawab akhir pelaksanaan Pilkada termasuk anggarannya,” pungkas Hasyim Asyari. (Tribunnews.com/Rizal Bomantama) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "KPU Mulai Bicarakan Anggaran Pilkada 2020 dengan Pemda dan Kemendagri"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved