Breaking News:

Amien Rais Minta Presiden Jokowi Batalkan Rencana Pindah Ibu Kota, Sebut Lebih Banyak Mudaratnya

Amien Rais menyelipkan pesan kepada Presiden Jokowi soal keputusan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais meninggalkan gedung DPR setelah menyambangi pansus hak angket KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017). 

TRIBUNSOLO.COM - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, menyelipkan pesan kepada Presiden Jokowi, saat berkumpul bersama Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di seminar "Menyoal Pemindahan Ibu Kota", di kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Ia yang hadir dan didapuk menjadi keynote speech pada seminar itu menuturkan, Jokowi harus membatalkan keputusan pemindahan ibu kota itu.

"Jadi pesan kita dari ruang ini kepada Pak Jokowi, tentu enggak usah basa-basi ditinjau kembali dan lain-lain (pindah ibu kota), jadi dibatalkan, selesai," ujar Amien Rais dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Meski pemerintah telah meninjau dari berbagai aspek, Mantan Ketua MPR RI ini menuturkan, hal itu tak menguatkan urgensi pemindahan ibu kota negara, tetapi memberi kerugian bangsa.

Dari forum itu juga, ia pun mengajak tamu yang hadir untuk bersepakat pemindahan ibu kota dinilai tak perlu dan harus dibatalkan.

Fadli Zon Sebut Rencana Pindah Ibu Kota Tidak Urgen, Ingatkan Janji Jokowi saat Jadi Gubernur

Bertemu Jokowi, Mahfud MD Tanggapi Keputusan Presiden soal Rencana Pindah Ibu Kota ke Kaltim

"Kita orang Melayu tanpa ada basa-basi menurut saya sudahlah sudah cukup dari semua argumen ini. Lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya."

"Jadi Insya Allah lewat seperti (forum seminar) rencana itu bisa batal, seperti saat menolak reklamasi teluk Jakarta," kata dia.

Bahkan ia menyebut, ada campur tangan asing dalam keputusan pemindahaan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, yakni melanggengkan misi negara tirai bambu untuk menguasai dunia.

"Sesungguhnya pemindahaan ibu kota ini bukan menunggu studi Bapennas tapi studi Beijing jadi Anda lihat lautan sebelah Kaltim itu kalau terus ke utara memang sampe ke Laut Cina Selatan dan sampai ke Laut China."

"Meka punya one belt one route, jalan sutra darat jalan sutra laut," jelasnya. (Tribunnews.com/Rina Ayu Panca Rini) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kata Amien Rais Pemindahan Ibu Kota Enggak Ada Manfaatnya"

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved