Presiden Jokowi Akui Belum Terima Daftar 10 Nama Capim KPK yang Lolos Seleksi Akhir

Presiden Joko Widodo mengaku, belum menerima nama-nama calon pimpinan KPK dari Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK secara resmi.

Presiden Jokowi Akui Belum Terima Daftar 10 Nama Capim KPK yang Lolos Seleksi Akhir
Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Sabtu 16 Februari 2019, terkait dukungan terhadap anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas. 

TRIBUNSOLO.COM - Presiden Joko Widodo mengaku, belum menerima nama-nama calon pimpinan KPK dari Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK secara resmi.

"Resminya, belum saya terima," kata Kepala Negara saat bertemu sejumlah pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2019), seperti dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Kedatangan Pansel Capim KPK, Senin kemarin, hanyalah melaporkan bahwa proses tahapan seleksi capim KPK sudah dirampungkan.

Meski demikian, ia mengakui, dalam laporan Senin kemarin, ia juga telah menerima 10 capim KPK hasil seleksi akhir.

"Pansel (Senin kemarin), hanya kasih laporan tapi sekali lagi, belum menyerahkannya secara resmi," ujar Presiden.

Ia akan menunggu Pansel Capim KPK secara resmi menyerahkan 10 nama capim KPK secara resmi agar dapat segera dikirimkan ke DPR RI untuk menjalani fit and proper test.

Profil Singkat 10 Calon Pimpinan KPK yang Sudah Diserahkan ke Presiden Jokowi

Soal Proses Pemberian 10 Nama Capim KPK Kepada DPR, Agus Rahardjo Yakin Jokowi Tak Akan Tergesa-gesa

"Kalau sudah saya terima (nama capim KPK), baru saya kirim ke DPR. Waktu saya kan ada 14 hari," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Koalisi Kawal Capim KPK mendorong Presiden Jokowi untuk bertemu pimpinan KPK periode 2015-2019 untuk mendapatkan informasi terkait 10 nama capim hasil seleksi Pansel Capim KPK.

"Penting juga saat ini jika presiden dapat bertemu langsung dengan KPK untuk mendapatkan informasi terkini terkait 10 nama tersebut," ujar anggota koalisi, Kurnia Ramadhana, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9/2019).

Koalisi berharap Presiden Jokowi tidak tergesa-gesa dalam menyerahkan 10 capim tersebut ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved