Cara Membuat Paspor Online dan Biayanya

Untuk kamu yang berencana membuat, berikut TribunSolo.com rangkum dari KompasTravel cara membuat paspor elektronik secara online :

Cara Membuat Paspor Online dan Biayanya
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Ilustrasi: Tampak paspor elektronik yang diperlihatkan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (23/11/2016). Ada tanda-tanda kecil yang membedakan antara paspor biasa dengan paspor elektronik, termasuk dengan ketebalan paspor yang berbeda. 

TRIBUNSOLO.COM - Di Indonesia, untuk dapat pergi ke luar negeri kamu harus punya paspor.

Ada dua jenis paspor di Indonesia yakni paspor biasa dan elektonik (e-paspor). Ini merupakan bukti data terkait bukti kependudukan kamu sebagai warga Indonesia.

Data dari paspor elektronik memiliki beberapa kelebihan.

Dengan teknologi yang canggih, paspor ini memiliki data biometrik seperti data sidik jari dan bentuk wajah yang bisa dikenali dengan cara pemindaian.

7 Langkah Mudah Membuat Paspor Elektronik Secara Online, Simak Penjelasannya

Pengunanya sendiri mendapat beberapa keuntungan, salah satunya liburan bebas visa ke beberapa negara di Asia, salah satunya Jepang.

“Untuk pengguna e-paspor, pengajuan visa ke Jepang akan lebih mudah dan tidak perlu mengantri di gerbang imigrasi,” ujar Saefudin Zuhri, bagian dokumen HIS Travel saat dihubungi KompasTravel pada hari kamis, (5/9/2019).

Bila dulu kamu harus mengantri beberapa jam di imigrasi, sekarang kamu dapat megurus paspormu secara online.

Untuk kamu yang berencana membuat, berikut TribunSolo.com rangkum dari KompasTravel cara membuat paspor elektronik secara online :

1. Persiapkan beberapa hal ini

Untuk memvalidasi data, keimigrasian memerlukan beberapa dokumen negara yakni, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Halaman
1234
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved