Berita Sukoharjo Terbaru

Usai Adanya Sungai yang Tercemar Alkohol di Sukoharjo, DLH Sukoharjo Upayakan IPAL Industri

DLH Sukoharjo mengupayakan pembangunan Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di sentra industri rumahan pembuatan ethanol di Polokarto.

Usai Adanya Sungai yang Tercemar Alkohol di Sukoharjo, DLH Sukoharjo Upayakan IPAL Industri
TribunSolo.com/Agil Tri
Petugas Perumda Air Minum kota Surakarta mengambil sempel air di aliran sungai Samin, di Dukuh Nawut, Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (5/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo mengupayakan pembangunan Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di sentra industri rumahan pembuatan ethanol di Polokarto.

DLH Sukoharjo akan mengupayakan IPAL tersebut terealisasi pada tahun 2020 mendatang, untuk mengatasi persoalan limbah ethanol.

Menurut Kabid Tata Lingkungan, Agus Suprapto mewakili Kepala DLH Sukoharjo, Agustinus Setiyono, saat ini DLH Sukoharjo masih mengupayakan pembuatan Design Engineering Detail (DED).

"Tahun 2012 lalu, pembangunan Ipal di Polokarto, Karangwuni, Bakalan, dan Bogel sudah dianggarkan oleh provinsi."

"Provinsi telah menganggarkan untuj pengadaan Ipal sebesar Rp 1 milyar," katanya saat ditemui TribunSolo.com, Rabu (11/9/2019).

Sentuhan Sosial Anggota Dewan Dermawan Anak Kyai Asal Sragen: Sulap Preman Jadi Santri

Namun saat itu gagal terealisasi karena pengrajin ethanol tidak bisa menyediakan lahan yang diminta untuk pembangunan Ipal tersebut.

"Provinsi membutuhkan lahan 800 hingga 1000 meter persegi, tapi dari pengrajin hanya mampu menyediakan lahan 600 meter persegi, sehingga dananya tidak jadi cair," imbuhnya.

Akhir tahun lalu, DLH telah mengumpulkan kepala desa Polokarto, Karangwuni, Bakalan, Pranan dan Bogel dan pengrajin untuk penyusunan DED ethanol di Polokarto.

"Kita berusaha untuk menjembatani ada Ipal disana, dari Pemdes Ngombakan menyediakan tanah kas desa seluas 2000 meter persegi yang siap digunakan."

BJ Habibie Meninggal Dunia, Danlanud Adi Soemarmo Solo: Dialah, Bapak Dirgantara Kami

Halaman
12
Penulis: Agil Tri
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved