Selain Ayam Goreng, Mendiang BJ Habibie Kerap Santap Jenis Makanan Ini Sebagai Pendamping

Keunikan dari sambel goreng ini adalah dimana terdapat potongan leher ayam yang di goreng hingga garing dan renyah

Selain Ayam Goreng, Mendiang BJ Habibie Kerap Santap Jenis Makanan Ini Sebagai Pendamping
KOMPAS.com
sambel goreng ati olahan rumah makan Sari Bundo. 

TRIBUNSOLO.COM – Mendiang BJ Habibie dikabarnya sangat menyukai ayam goreng namun selain itu, dirinya juga kerap menyantap sambar goreng ati sebagai pendamping.

Sambel goreng ati tersebut merupakan makanan khas dari Rumah Makan (RM) Padang Sari Bundo.

Rizal, salah satu pramusaji yang sering melayani BJ Habibie saat mampir ke RM Padang Sari Bundo yang terletak di Jalan Juanda No.27 menyatakan bahwa Presiden Indonesia ketiga itu gemar menghadirkan sambal goreng ati sebagai makanan pendamping saat menyantap ayam goreng garing.

Cegah Sumber Air di Gunung Merbabu Terdampak Kebakaran, Warga Desa Jeruk Boyolali Buat Parit

Dihantam Gelombang Tinggi, Speedboat Ini Tenggelamkan 33 Penumpang di Maluku

"Isinya ada pete, sambel yang dihaluskan bersama bumbu-bumbu lain terus digoreng, lalu masukkan isinya ada ati ada rempelanya, dan ada leher ayam yang sudah di goreng garing" ujar Rizal saat ditemui KompasTravel di Jakarta.

Ia menjelaskan bagaimana Bapak Teknologi Indonesia itu menyantap dengan lahap ayam goreng garing beserta sambel gorengnya.

"Kalo sama ayam goreng biasanya pake sambel goreng. Sama pete-petenya dimakan. Itu yang paling sering seperti itu" ujar Rizal saat diminta mendeskripsikan kenangan bersama BJ Habibe.

"Kalau dia sukanya ayam goreng, bagian paha kalau dulu sebelum sakit ayam goreng bisa 18 potong, bagian paha dihabiskan sendiri. Nasinya dikit-dikit, memang Bapak paling suka ayam goreng itu dan paling suka bagian paha. Ayamnya kalo pas panas-panasnya itu langsung lahap makannya Bapak" lanjut Rizal.

Laki-laki yang merantau dari Padang ke Jakarta sejak tahun 1977 ini menjelaskan apa yang membedakan sambel goreng ati RM Sari Bundo dengan rumah makan Padang lainya.

"Ini (sambel goreng) berbeda dengan sambel pete rumah makan lainnya. Isinya ada pete, sambel sama bumbu-bumbu yang dihaluskan terus digoreng, ada ati ada rempelanya, dan ada leher ayam yang sudah digoreng garing" paparnya.

Keunikan dari sambel goreng ini adalah dimana terdapat potongan leher ayam yang di goreng hingga garing dan renyah.

Halaman
12
Editor: Eka Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved