Tim Penjinak Datangi Gudang Bahan Peledak di Mako Satbrimob Srondol, Sterilkan Lokasi Ledakan

Tim olah TKP saat ini belum bisa masuk ke lokasi karena tim jibom masih melakukan evakuasi bahan peledak untuk memastikan keamanan di dalamnya.

Tim Penjinak Datangi Gudang Bahan Peledak di Mako Satbrimob Srondol, Sterilkan Lokasi Ledakan
ISTIMEWA/TRIBUN JATENG
Gudang Senjata Mako Brimob di Srondol, Semarang, Terbakar 

TRIBUNSOLO.COM, SEMARANG - Pemeriksaan lokasi ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak dan bom militer temuan masyarakat di Mako Satbrimob Srondol, Semarang, saat ini masih dilakukan oleh tim penjinak bom (jibom) dari Polri dan Polda Jateng.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan lokasi sudah aman agar bisa segera dilakukan olah TKP oleh penyidik, laboratorium forensik, dan inafis untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya ledakan," ujar Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel di Mako Satbrimob Semarang, Sabtu (14/9/2019).

Maka dari itu, tim olah TKP saat ini belum bisa masuk ke lokasi karena tim jibom masih melakukan evakuasi bahan peledak untuk memastikan keamanan di dalamnya.

"Beberapa bahan peledak sudah berhasil diamankan oleh tim jibom."

"Namun, masih ada beberapa yang masih tertimbun reruntuhan tembok dan kerangka-kerangka dari atap rumah, dan masih berpotensi meledak," jelasnya, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Kapolda Jateng Sebut Lokasi Ledakan di Mako Brimob Terpisah dengan Gudang Senjata

Rycko mengatakan, pemeriksaan ini memerlukan waktu yang lama. Kendati demikian, pihaknya tidak mau terburu-buru melakukan proses evakuasi tersebut.

"Yang penting saat ini memastikan lokasi sudah aman agar tidak ada lagi ledakan susulan supaya tidak lagi meresahkan dan membahayakan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Rycko menjelaskan bahan peledak yang ditemukan berjumlah 40, dan kini telah terkumpul sudah lebih dari separuh yang sebagian besar adalah granat sisa perang dunia.

Selain itu itu ditemukan pula ranjau darat.

Kapolda Jateng Sebut Lokasi Ledakan di Mako Brimob Terpisah dengan Gudang Senjata

"Ya, sudah tidak banyak, tinggal yang besar-besar aja."

"Nanti akan dievakuasi ke dalam bom basket."

"Meski beresiko bahan peledak tersebut untuk sementara ini akan disimpan di tempat yang paling aman di Mako Satbrimob Srondol," kata Ryco.

Sementara itu, Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko menambahkan, saat ini tim Jibom masih melakukan proses pengamanan.

"Tim Jibom masih bekerja melakukan pengamanan nanti setelah selesai akan dilakukan disposal untuk bahan peledak," katanya.  (Kontributor Semarang, Riska Farasonalia)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Tim Penjinak Bom Periksa Lokasi Ledakan Gudang Bahan Peledak

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved