Karhutla di Gunung Slamet Meluas, Ratusan Personel Dikerahkan Untuk Padamkan

Sehingga ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di lereng barat dan selatan Gunung Slamet tersebut

Karhutla di Gunung Slamet Meluas, Ratusan Personel Dikerahkan Untuk Padamkan
ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Kobaran api membakar hutan pinus di lereng bagian timur Gunung Slamet pada petak 58a, terlihat dari Desa Serang, Karang Reja, Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (12/9/2019). Kobaran api semakin meluas karena upaya pemadaman yang masih terus dilakukan oleh seratusan personel gabungan dari SAR, Polisi dan warga, terkendala medan yang sulit dan tidak tersedianya pasokan air serta peralatan untuk melakukan pemadaman 

TRIBUNSOLO.COM - Kebakaran di lereng gunung Slamet meluas hingga wilayah Cilongok, Banyumas.

Sehingga ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di lereng barat dan selatan Gunung Slamet tersebut.

Secara administratif masuk wilayah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Komadan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra yang menjadi Komadan Operasi Lapangan Penanganan Karhutla mengatakan, sejak Kamis (19/9/2019) telah dikerahkan lebih dari 400 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat.

"Kebakaran mengarah ke selatan, inilah yang dilakukan penyekatan sampai dengan sekarang.

Kemudian juga mengantisipasi titik api yang lain," kata Chandra di Posko Kebakaran Baturraden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (21/9/2019).

Chandra menjelaskan, lokasi kebakaran berada di kawasan hutan milik Perhutani, yaitu di petak 58 D10, 58 D11, dan 58 D12. Tiga tim yang masih berada di hutan berusaha membuat sekat bakar agar tidak meluas ke area lain.

"Ini juga rangkaian dari imbas (kebakaran) yang terjadi kemarin (di wilayah Brebes) itu, kemudian masuk ke sini.

Ini tentu saja perlu penanganan secara bersama-sama, bersinergi, ini sudah kami komunikasikan," ujar Chandra.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Brebes sejak Selasa (17/9/2019) meluas ke wilayah Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan hasil pemantauan, Kamis (19/9/2019) titik asap telah mencapai Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Kemudian hingga Jumat (20/9/2019) kebakaran telah mencapai wilayah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan untuk Kendalikan Titik Api di Gunung Slamet

Editor: Eka Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved