Terpilih Jadi Ketua DPR RI, Ini yang Harus Dilakukan Anak Megawati Soekarnoputri Puan Maharani

Pengamat Politik dan Ketatanegaraan UNS Solo, Agus Riewanto memaparkan ada alasan yang mendasari kenapa Puan Maharani terpilih menjadi Ketua DPR RI.

Terpilih Jadi Ketua DPR RI, Ini yang Harus Dilakukan Anak Megawati Soekarnoputri Puan Maharani
Tribunnews/JEPRIMA
Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 yang ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Pada rapat tersebut sekaligus menentukan ketua dan wakil ketua DPR RI diantaranya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani terpilih menjadi Ketua DPR RI untuk masa periode 2019-2024.

Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto memaparkan, ada alasan yang mendasari kenapa mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu terpilih.

Dia menggeser Bambang Soesatyo yang sebelumnya menduduki Ketua DPR RI.

"Termasuk ada harapan kepadanya (Puan Maharani)," paparnya kepada TribunSolo, Rabu (2/10/2019).

Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum (FH) itu, menjelaskan Puan Maharani harus mampu menempatkan posisi Ketua DPR RI yang diembannya untuk semakin memperkuat fungsi DPR dalam legislasi yang lemah selama ini.

"Puan Maharani wajib untuk memberikan teladan anti korupsi, hidup sederhana dan tak elitis," tutur dia.

Puan, lanjut Agus, tidak boleh menjadikan posisi ketua ini untuk kepentingan memproteksi dan mengkonsesi kelompok tertentu.

"Namun, Puan harus mengoreksi dan mencegah mengistimewaan orang, kelompok, ataupun golongan tertentu, karena kini dia adalah pemimpin bangsa dan negara," terang Agus.

Agus berharap Puan tetap amanah dalam menjalankan posisi Ketua DPR RI hingga lima tahun mendatang, termasuk juga harus lebih aspiratif terhadap masalah kebijakan Dapil Jateng V.

Apresiasi Ganjar Pranowo Kepada Puan Maharani usai Terpilih jadi Ketua DPR RI: Puan Pecahkan 2 Rekor

Daftar Harta Kekayaan 5 Pimpinan DPR Periode 2019-2024, Puan Maharani hingga Rachmat Gobel

Halaman
123
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved