Breaking News:

Hasil Survey, Inilah 3 Menteri yang Kinerjanya Paling Puaskan Publik, Tak Ada Orang Partai

Hasil Survey, Inilah 3 Menteri yang Kinerjanya Paling Puaskan Publik, Tak Ada Orang Partai

Editor: Aji Bramastra
Instagram/susipudjiastuti115
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat perjalanan ke Pulau Laut dan P Sekatung, 15-17 April 2019 dengan KRI USMAN HARUN 359 di Laut Natuna Utara. 

TRIBUNSOLO.COM - Tiga menteri di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019 berikut, mendapat tingkat kepuasan publik yang tertinggi, menurut survei Alvara Research Center.

Dari ketiga sosok menteri tersebut, tak ada satu pun yang merupakan pekerja partai.

Ini Rencana Susi Pudjiastuti, Jika Tak Terpilih Sebagai Menteri Kelautan dan PerikananLagi

Gubernur Maluku Nyatakan Perang terhadap Menteri Kelautan & Perikanan, Ini Respons Susi Pudjiastuti

Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Tingkat kepuasan tertinggi kinerja menteri diraih oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 91,95 persen, disusul Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 84,07 persen dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 83,39 persen," kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan pers, Senin (14/10/2019).

Hasanuddin menambahkan, Susi, Basuki dan Sri disukai karena karakteristik kepemimpinannya dan gaya mereka mengambil kebijakan di kementeriannya masing-masing .

"Susi Pudjiastuti diapresiasi karena keberanian dan ketegasannya, sementara penghargaan terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia memunculkan Basuki Hadimuljono di urutan selanjutnya," kata Hasanuddin.

"Sedangkan Sri Mulyani dihargai publik karena mampu mengelola keuangan negara dengan baik meskipun kondisi ekonomi global yang tidak menentu," tambah dia.

Survei itu sebenarnya mendapatkan 10 nama menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi. Susi, Basuki dan Sri adalah tiga teratas.

Adapun, posisi selanjutnya diisi Menteri Pariwisata Arief Yahya sebesar 82,38 persen; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebesar 82,14 persen; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebesar 81,90 persen.

Kemudian, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebesar 81,90 persen; Menristekdikti M Nasir sebesar 81,74 persen; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan sebesar 81,63 persen dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebesar 81,32 persen.

Survei ini diketahui digelar pada 12-31 Agustus 2019. Metode pengambilan sampel menggunakan multi-stage random sampling. Sebanyak 1.800 responden berusia 14-55 tahun dipilih dan diwawancarai secara tatap muka.

Sampel survei ini diambil di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentang margin of error sebesar 2,35 persen.

Artinya, persentase dalam survei ini bisa bertambah atau berkurang sekitar 2,35 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved