Breaking News:

Hari Ini Program Sertifikat Halal Produk di Indonesia Resmi Berlaku, Bagaimana Produk Impor & UMKM?

Mulai Kamis (17/10) hari ini, program wajib sertifikasi halal bagi produk beredar dan diperdagangkan di Indonesia resmi berlaku.

TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Lukman Hakim Saifuddin. 

TRIBUNSOLO.COM - Mulai Kamis (17/10) hari ini, program wajib sertifikasi halal bagi produk beredar dan diperdagangkan di Indonesia resmi berlaku.

Dilansir TribunSolo.com dari Kontan.co.id, kebijakan ini merupakan amanat Undang-Undang (UU) No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Beleid yang diundangkan pada 17 Oktober 2014 ini mewajibkan adanya sertifikasi halal atas semua produk halal dan berlaku lima tahun setelah diundangkan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, setelah aturan ini berlaku, maka semua produk makanan dan minuman wajib memiliki sertifikasi halal.

Namun, pemerintah memberi kesempatan bagi pelaku usaha yang belum memiliki sertifikat halal untuk mengurus sertifikasi ini.

Terlahir Prematur, Bayi Kembar Ini Hanya Seukuran Botol Minuman Soda, 6 Minggu Dirawat Intensif

Chord Kunci Gitar dan Lirik Topeng - Peterpan : Buka Dulu Topengmu, Buka Dulu Topengmu. . .

"Selama lima tahun sejak 17 Oktober 2019 sampai 17 Oktober 2024 itulah tenggat waktu untuk melakukan proses sertifikasi," kata Lukman, Rabu (16/10).

Meski begitu, dalam lima tahun awal ini tidak ada penegakan hukum bagi pelaku usaha yang belum memiliki sertifikasi.

Tetapi, pemerintah akan melakukan pembinaan dan sosialisasi regulasi ini.

"Pelaku usaha beragam, ada yang besar-besar, tetapi juga tidak sedikit UKM yang tentu perlu mendapatkan pembinaan, bimbingan, sosialisasi sehingga tidak muncul kesalahpahaman," ujar dia.

Lukman bilang, jika selama ini sertifikasi halal sifatnya voluntary atau sukarela dan dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka sekarang sertifikasi tersebut bersifat mandatory atau wajib dan dilakukan oleh negara melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Halaman
123
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved