Sempat Menghilang Dari industri Hiburan, Ariel Tatum Diketahui Menderita Penyakit Mental

Dalam usahanya mencari ahli demi kesehatan mentalnya, Ariel Tatum justru tak menemukan jalan keluar sama sekali

Sempat Menghilang Dari industri Hiburan, Ariel Tatum Diketahui Menderita Penyakit Mental
Instagram/arieltatum
Aktris sekaligus penyanyi, Ariel Tatum. 

TRIBUNSOLO.COM - Aktris Ariel Tatum sempat menghilang dari industri hiburan Tanah Air.

Ternyata selamam ini Ariel Tatum memfokuskan diri memperbaiki kesehatan mentalnya.

Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Tertatih - Kerispatih, Jujur Aku Tak Sanggup, Aku Tak Bisa

Motivator Yang Tampar Siswa SMK di Malang Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh Polres Malang

Ariel Tatum diketahui menderita Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut, yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Ariel Tatum sudah menyadari dirinya memiliki gangguan mental sejak berusia dini. Bahkan, Ariel Tatum berjuang sendiri mencari-cari psikolog untuk berkonsultasi.

"Untuk pertama kalinya aku cari psikolog untuk diriku sendiri usia 13 tahun, ngumpet-ngumpet dari orang tua. Ada uang jajan sendiri, jadi aku tahu ada saving money, sudah cari tahu cari klinik langsung," ujar Ariel Tatum dalam seminar Let's End The Shame, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Namun, dalam usahanya mencari ahli demi kesehatan mentalnya, Ariel Tatum justru tak menemukan jalan keluar sama sekali. "Coba satu sampai lima dokter, aku enggak menemukan jalan keluarnya.

Aku rasanya kayak enggak ada jalan keluar. Ada dokter yang aku cerita sedikit langsung judge aku bipolar, stres doang, sampai ada yang bilang trauma past life," ujar Ariel Tatum. Tak menemukan jalan keluar, Ariel Tatum mencari tahu mengenai kondisi mentalnya melalui internet.

Namun, lagi-lagi usahanya nihil. "Aku stres, akhirnya aku cari tahu sendiri di internet, tetapi yang keluar malah menakutkan, kenapa pusing, oh kamu kanker. Aku cari bipolar disorder menakutkan juga hasilnya," kata Ariel Tatum.

Hingga akhirnya Ariel Tatum menemukan dokter yang benar-benar ahli mengatasi kesehatan mentalnya. 

"Terus pas aku SMA aku pindah ke Sanatorium. Profesor Sasanto di Rumah Sakit Dharmawangsa. Di situ aku nyaman bertahun-tahun di situ. Aku bangga sama diriku sendiri punya self awareness yang tinggi sejak kecil karena udah mulai cari tahu," ujar Ariel Tatum. Kini, Ariel Tatum giat memberikan penyuluhan, seminar, dan talkshow untuk mengingatkan lagi kesadaran kepada banyak orang mengenai kesehatan mental.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Gangguan Mental, Ariel Tatum Berjuang Cari Psikolog Sejak Usia 13 Tahun 

Editor: Eka Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved