MenPan-RB Tanggapi soal Wacana Aturan Larangan Cadar bagi ASN, Setuju Atau Tidak?

Rencana Menteri Agama Fachrul Razi yang melarang penggunaan cadar di lingkungan Kemenag, kata Tjahjo, tidak ada peraturan yang dilanggar

MenPan-RB Tanggapi soal Wacana Aturan Larangan Cadar bagi ASN, Setuju Atau Tidak?
KOMPAS.com/FITRIA CHUSNA FARISA
Menpan RB Tjahjo Kumolo 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo tidak berencana membuat aturan larangan Cadar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun warga yang masuk instansi pemerintah. 

"Tidak (buat aturan untuk ASN), masing-masing kepala lembaga punya aturan."

"Sama kalau di kantor saya, pegawai saya juga harus ikuti aturan, kalau hari Senin pakaian putih, Selasa putih, Kamis batik, ya pakai batik," papar Tjahjo di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10/2019). 

Rencana Menteri Agama Fachrul Razi yang melarang penggunaan cadar di lingkungan Kemenag, kata Tjahjo, tidak ada peraturan yang dilanggar dalam undang-undang yang mengatur ASN. 

Menag Fachrul Razi Bicara soal Cadar: Bukan Ukuran Ketaqwaan, tapi Silakan Kalau Mau Pakai

"Saya kira sah-sah saja, kalau pak Menteri Agama mengeluarkan larangan (penggunaan cadar), kemudian diminta untuk berpakaian rapi, bergaya khas Indonesia," papar Tjahjo.

Politisi PDIP itu pun belum berencana menerapkan pelarangan aturan pelarangan cadar di wilayah KemenPan-RB, mengingat selama ini pegawainya selalu mengikuti aturan yang ada. 

"Kami lihat sikon dulu, selama ini di KemenPan-RB semua ikuti aturan, orang boleh pakai jilbab, ikuti aturan yang sah," ujar Tjahjo, dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan berencana melarang pengguna niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah.

Heboh Crosshijaber: Komunitas Pria Pakai Hijab, Gamis & Cadar, Nekat Masuk Masjid juga Toilet Wanita

Hal itu ia katakan karena alasan keamanan usai penusukan mantan Menkopolhukam Wiranto.

Fachrul mengatakan rencana itu masih dalam kajian.

Namun aturan itu sangat mungkin direkomendasikan Kemenag atas dasar alasan keamanan.

"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang untuk masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan."

"Apalagi kejadian Pak Wiranto yang lalu," kata Fachrul dalam Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah dipublikasikan Tribunnews.com dengan judul: MenPan-RB Tidak Berencana Buat Aturan Larangan Cadar untuk ASN

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved