Berita Sukoharjo Terbaru

Ini Syarat Mengurus Kependudukan di Disdukcapil Sukoharjo Bagi WNI dan WNA

Disdukcapil Sukoharjo melaksanakan sosialisasi tentang persyaratan dan tata cara pelayanan dokumen kependudukan.

Ini Syarat Mengurus Kependudukan di Disdukcapil Sukoharjo Bagi WNI dan WNA
TribunSolo.com/Agil Tri
Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil, Wisnu Murti saat mengisi sosialisasi di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Selasa (5/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sukoharjo melaksanakan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pelayanan dokumen kependudukan di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Selasa (5/11/2019).

Menurut Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil, Wisnu Murti, sosialisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang persyarataan dan dokumen kependudukan.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang sudah dicanangkan Pemerintah.

"Melalui GISA, menjelaskan bahwa Pemerintah terus memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam hal pemenuhan Adminduk (Administrasi Kependudukan)," katanya.

Perpres ini mengatur mengenai penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi Penduduk WNI atau warga negara asing (WNA) yang memiliki izin tinggal tetap, yang berumur kurang dari 17 tahun, dan belum kawin.

Berdasarkan dari Perpres tersebut, pelayanan Pendaftaran Penduduk terdiri atas pencatatan biodata Penduduk, penerbitan KK (Kartu
Keluarga), penerbitan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), penerbitan surat keterangan kependudukan dan pendaftaran Penduduk
rentan Administrasi Kependudukan.

Sementara penerbitan e-KTP bagi Penduduk Orang Asing yang memiliki izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan, seperti telah berusia 17 tahun, KK, Dokumen Perjalanan, dan kartu izin tinggal tetap.

5 WNA Dicoret dari DPT Pemilu 2019, Dispendukcapil: Harusnya KPU Solo Mengecek Dulu ke Kami

Dispendukcapil Solo Tahan Pencetakan e-KTP untuk WNA hingga Pemilu 2019 Usai

Penerbitan e-KTP karena pindah datang bagi Penduduk WNI dalam wilayah NKRI harus memenuhi persyaratan seperti surat keterangan pindah dari Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota daerah asal, dan KK.

Sedangkan penerbitan e-KTP karena pindah datang bagi Penduduk WNI yang datang dari luar wilayah NKRI harus memenuhi persyaratan seperti Surat keterangan pindah dari Perwakilan RI, dan KK.

"Penerbitan KTP-el karena pindah datang bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan surat
keterangan pindah," imbuhnya.

Dispendukcapil Solo Sisir Ulang Anak di Solo yang Belum Ber-Akta Kelahiran

Dispendukcapil Solo Percepat Rekam Data 1.026 Penduduk Solo Sebelum Pemilu

Adapun penerbitan e-KTP karena perubahan data bagi Penduduk WNI atau penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, menurut Perpres ini, harus memenuhi persyaratan seperti KK, e-KTP lama, kartu izin tinggal tetap, dan surat keterangan atau bukti perubahan peristiwa kependudukan dan perubahan penting.

Penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, menurut Perpres ini, harus memenuhi
persyaratan seperti KK, e-KTP lama, Dokumen Perjalanan dan kartu izin tinggal tetap.

Untuk penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak bagi Penduduk WNI atau penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, menurut Perpres ini, harus memenuhi persyaratan seperti surat keterangan hilang dari kepolisian, e-KTP yang rusak, KK, dokumen perjalanan  dan kartu izin tinggal tetap.

Dalam Perpres ini ditegaskan, perekaman dan penerbitan e-KTP baru oleh Disdukcapil di luar domisili dapat dilakukan dengan memenuhi persyaratan tidak melakukan perubahan data penduduk dan KK. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved