Jadi Oposisi Sejak Awal Pemerintahan Jokowi, PKS Anggap Partainya 'Darah Biru' 

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai pertemuan Tommy dengan PKS tak lepas dari keberadaan PKS sebagai 'oposisi darah biru'

Jadi Oposisi Sejak Awal Pemerintahan Jokowi, PKS Anggap Partainya 'Darah Biru' 
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Kader-kader PKS Solo mengenakan kostum unik saat flashmob di Jalan Rajiman, Kota Solo, Minggu (10/2/2019) pagi. 

TRIBUNSOLO.COM - Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto berencana bertemu pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pekan depan.

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai pertemuan Tommy dengan PKS tak lepas dari keberadaan PKS sebagai 'oposisi darah biru'.

Titik Perbatasan Antara Indonesia Dan Malaysia Masih Bermasalah, 9 Titik Tak Disepakati

Polisi Kerap Jadi Incaran Teroris, Pengamat Anjurkan Perlunya Pembekalan Bagi Petugas

"PKS ini kan 'oposisi darah biru', oposisi yang bukan karena keadaan. Jadi maksudnya oposisi yang memang sudah berkomitmen sejak lama akan menjadi oposisi pemerintahan Jokowi," ujar Hendri Satrio, ketika dihubungi Tribunnews.com, Sabtu (16/11/2019).

Hendri Satrio mengatakan PKS dapat juga disebut sebagai oposisi sejati.

Sebab, peran tersebut sudah dilakukan sejak lima tahun lalu atau di periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Selain itu, Hendri mengatakan apabila ada partai politik yang tidak merapat kepada koalisi Jokowi, tentu akan secara otomatis mendekati PKS.

Menurutnya, tak ada partai politik lain yang lebih oposisi dari PKS. Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat tak masuk dalam kategori tersebut karena berusaha menjadi bagian dari koalisi.

"Bahkan partai koalisi pun kalau ingin berkomunikasi dengan oposisi ya berkomunikasinya dengan PKS dulu. Kenapa? Karena mereka ini ningratnya oposisi," kata dia.

Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut menuturkan pertemuan Tommy lebih dikarenakan Partai Berkarya tak lolos ke Senayan dan ingin menjadi oposisi. 

"Berkarya ini kan partainya nggak lolos ke DPR, punya wakil di daerah-daerah dan ingin jadi oposisi. Kemudian harus berbicara ke siapa? Ya ke PKS," kata Hendri.

Halaman
12
Editor: Eka Fitriani
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved