Makan di Acara Syukuran, Puluhan Warga di Sukabumi Keracunan Makanan hingga Satu Orang Meninggal

Puluhan warga di Sukabumi, Jawa Barat, kembali diduga mengalami keracunan makanan, bahkan satu di antaranya meninggal dunia.

Makan di Acara Syukuran, Puluhan Warga di Sukabumi Keracunan Makanan hingga Satu Orang Meninggal
ISTIMEWA
Ilustrasi keracunan makanan 

TRIBUNSOLO.COM -  Puluhan warga di Sukabumi, Jawa Barat, kembali diduga mengalami keracunan makanan, bahkan satu di antaranya meninggal dunia.

Keracunan kali ini dialami warga Kampung Cijoho, Kampung Tipar dan Kampung Cikupa, Desa Sirnamekar, Kecamatan Tegalbuleud.

Puluhan warga merasakan gejala pusing, mual, dan muntah setelah beberapa jam mengonsumsi makanan dari acara syukuran pada Sabtu (16/11/2019) sore.

Data sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, warga yang diduga mengalami keracunan makanan sebanyak 72 orang dan ditangani di Puskesmas Bangbayang.

Dua Bocah Tulungagung Keracunan Minuman Unik Berbentuk Semprot, Langsung Mual dan Muntah

Lima orang dirujuk ke RSUD Jampangkulon, satu orang di antaranya dilaporkan meninggal dunia dalam penanganan tim medis.

"Lima orang dirujuk ke RSUD Jampangkulon, satu di antaranya meninggal dunia," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Damayanti Pramasari saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Minggu (17/11/2019).

Dia menuturkan, sebanyak 7 orang masih mendapatkan perawatan dan penanganan tim medis ada yang di rumahnya dan ada di rumah petugas kesehatan.

"Sisanya sudah kembali ke rumah masing-masing, tetapi tetap masih dalam pemantauan petugas kesehatan kami di lapangan," tutur dia.

Damayanti menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki kasus dugaan keracunan makanan tersebut.

Sering Tak Diperhatikan, Ternyata Ini Gejala dan Risiko Keracunan Makanan

"Sedang investigasi penyebabnya. Nanti kalau ada informasi terbaru akan dikabari ya," kata dia.

Sebelumnya peristiwa warga keracunan setelah mengonsumsi makanan acara syukuran terjadi di Kecamatan Bantargadung, Rabu (11/9/2019). Korbannya sebanyak 176 warga, dua di antaranya meninggal dunia.

Peristiwa serupa terjadi di Kecamatan Simpenan, Senin (16/9/2019). Sebanyak 182 orang keracunan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

(Budiyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lagi, Puluhan Warga Sukabumi Keracunan Makanan, Satu Orang Meninggal"

 
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved