Breaking News:

Jelang Muktamar, Sejumlah Kandidat Calon Ketum PPP Mulai Bermunculan, Siapa Sajakah?

Sejumlah kandidat muncul menjelang Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar pada 14-16 Desember 2019.

Editor: Asep Abdullah Rowi
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Suasana cair dan penuh canda tawa terlihat dalam pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa pada Kamis (15/8/2019) sore. 

TRIBUNSOLO.COM - Sejumlah kandidat muncul menjelang Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar pada 14-16 Desember 2019.

Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi mengatakan membenarkan, partainya akan menggelar Mukernas bulan depan.

Ia mengatakan, salah satu agenda Mukernas adalah menentukan jadwal Muktamar terkait pemilihan ketua umum.

"Muktamar, tunggu hasil mukernas kapan pelaksanaannya karena mukernas merupakan forum pengambilan keputusan kedua setelah Mukernas yang salah satu kewenangannya adalah menjadwalkan pelaksanaan Muktamar," kata Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Baidowi mengatakan, saat ini sudah ada beberapa kandidat yang berpeluang maju sebagai calon ketua umum PPP diantaranya, Plt Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa, Wakil Ketua Umum PPP Mardiono, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Ketua Fraksi PPP Amir Uskara dan Politisi Senior PPP Akhmad Muqowam.

"Saat ini kan ada beberapa yang disebut di antaranya Plt Ketum, Mardiono, Arsul Sani, Muqowam. Ada juga ketua fraksi PPP Amir Uskara waketum itu yang disebut punya peluang maju sebagai ketum PPP," ujarnya.

PPP Tak Restui Duet Gibran-Paundra di Pilkada Solo 2020, Sebut Lebih Baik Wakil dari Tokoh Islam

PPP Mewanti-wanti Gerindra, Demokrat, dan PAN Tidak Bersikap Oposisi Jika Gabung Koalisi Pemerintah

Kendati demikian, Baidowi tak dapat memastikan lima nama itu akan maju menjadi caketum PPP.

Ia mengatakan, PPP tidak kekurangan kader untuk memimpin partai.

"Ya nanti dilihat pas pelaksanaan muktamar, PPP tidak kekurangan kader internal untuk memimpin partai ini bisa comeback, bisa recovery lagi, bisa lolos Pemilu 2024," ucapnya.

Lebih lanjut, Baidowi mengatakan, dalam muktamar PPP nanti, partainya akan mengevaluasi hasil Pemilu 2019 karena sejak mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK, perolehan suara partai berlogo ka'bah itu menjadi merosot.

"Harus ada inovasi yang dilakukan, yang akan dirumuskan di Muktamar. Sekarang tidak bisa dirumuskan karena nanti akan dianulir keputusan Muktamar," pungkasnya. (Komoas.com/Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jelang Muktamar, Wasekjen: Kandidat Calon Ketum PPP Mulai dari Plt Ketum hingga Wakil Ketua MPR

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved