Berita Sukoharjo Terbaru

Polres Sukoharjo Lakukan Sterilisasi Gereja di Sukoharjo Gunakan Tiga Teknik

Jelang perayaan Natal 2019, Polres Sukoharjo melakukan sterilisasi di gereja yang ada di Sukoharjo, Selasa (24/12/2019).

Polres Sukoharjo Lakukan Sterilisasi Gereja di Sukoharjo Gunakan Tiga Teknik
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Sejumlah anggota kepolisian saat melakukan sterilisasi di Gereja katolik Hati Kudus Yesus Sukoharjo, Selasa (24/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Jelang perayaan Natal 2019, Polres Sukoharjo melakukan sterilisasi di gereja yang ada di Sukoharjo, Selasa (24/12/2019).

Sterilisasi yang dilakukan Polres Sukoharjo menggunakan tiga teknik, yaitu dengan menggunakan metal detektor untuk mendeteksi logam, yang indikasinya bom terbuat dari logam.

Lalu dengan menggunakan seekor anjing kepolisian untuk mendeteksi benda-benda yang mencurigakan yang ada dibagian luar gereja.

Visual atau pengamatan yang dilakukan dengan indra penglihatan, dalam teknik visual ini anggota sudah dilatih oleh Gegana Polda Jateng.

Harmonis Berdampingan dengan Gereja, Masjid di Solo Ini Tiadakan Pengajian saat Ada Ibadah Natal 

Kasat Sabara, AKP Thorahman menggunakan teknik blok dalam proses sterilisasi ini, teknik ini dianggap lebih efektif dari pada teknik spriral.

"Kita menggunakan sterilisasi dengan teknik blok dengan memeriksa setiap ruangan maupun lingungan di gereja," katanya.

Menurut Rahman, dalam proses sterilisasi ini Polres Sukoharjo membagi dua tim, tim pertama memeriksa gereja di Solo Baru, seperti Gereja Kristus Raja.

Tim kedua memeriksa gereja di Sukoharjo Kota, seperti Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sukoharjo dan Gereja katolik Hati Kudus Yesus Sukoharjo.

Dari hasil pemeriksaan, Rahman mengatakan bahwa untuk sementara gereja aman.

Junjung Nilai Toleransi, Banser Sukoharjo Kerahkan 500 Personel untuk Bantu Keamanan saat Natal

"Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan, kami tidak menemukan benda berhaya ataupun benda yang mencurigakan," jelasnya.

Selain itu, personil keamanan juga akan disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di setiap Gereja dan di titik-titik rawan.

Dia berharap pada pelaksanaan pada hari raya Natal nanti dapat berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved