Kisah Viral Rebana Ponpes di Demak Iringi Lagu Toleransi saat Perayaan Natal, Ini Cerita Dibaliknya

Pada momen Hari Natal beberapa hari lalu viral tentang salah satu pondok di Demak yang mengiringi di salah satu Gereja Semarang.

Kisah Viral Rebana Ponpes di Demak Iringi Lagu Toleransi saat Perayaan Natal, Ini Cerita Dibaliknya
tribunJateng.com
Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotus Sholihin di Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (26/12/2019) 

TRIBUNSOLO.COM -  Pada momen Hari Natal beberapa hari lalu viral tentang salah satu pondok di Demak yang mengiringi di salah satu Gereja Semarang.

Pondok Pesantren Roudhotus Sholihin menampilkan rebana untuk mengiringi lagu toleransi saat perayaan Natal di Gereja, dengan maksud tujuan realisasi toleransi bergama di Indonesia.

Jelang Perayaan Natal 2019, Begini Pesan Menag Fachrul Razi soal Tekankan Makna Toleransi

Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotus Sholihin, Abdul Qodir mengatakan, di ponpesnya para santri ditanamkan nilai keberagaman sejak dini.

Pesantren memiliki visi inklusif, yang berarti tidak hanya memahami sebuah perbedaan tetapi menerima sebuah keberagaman dan perbedaan.

"Salah satu implementasinya ya dengan terlibat langsung kegiatan sosial seperti di satu Gereja Katolik Mater Dei Semarang, kemarin," kata Abdul Qodir saat ditemui Tribun Jateng di Pondok Pesantren Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (26/12/2019).

Ia bercerita, kerapkali mengajak santrinya untuk melakukan kunjungan ke tempat ibadah di berbagai agama, Nasrani, Hindu, Budha bahkan aliran kepercayaan.

Pernah ajak santrinya kunjungi Seminari Mertoyudan Magelang, Budhinastri Mendut dan lainnya.

"Bahkan dalam waktu dekat ini kami akan kunjungi Keuskupan Agung Purwokerto dan Padepokan Wulan Tumanggal di Bojong Tegal, sebuah aliran kepercayaan kejawen," terangnya.

Abdul Qodir juga terlibat aktif dalam Komunitas Persaudaraan Lintas Agama Semarang.

Ia menjelaskan kegiatan sosial yang ia dan santrinya dengan komunitas lintas agama sudah ia lakukan sejak empat tahun yang lalu.

Halaman
12
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved