Breaking News:

Berita Terbaru Wonogiri

Polres Wonogiri Tanam 2.000 Pohon di Waduk Gajah Mungkur untuk Penghijauan

Polres Wonogiri menyerahkan 2.000 bibit tanaman pohon, Rabu (8/1/2020).

TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, saat menyerahkan bibit pohon di Waduk Gajah Mungkur, Rabu (6/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Polres Wonogiri menyerahkan 2.000 bibit tanaman pohon, Rabu (8/1/2020).

Acara penyerahan yang berlangsung di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur tersebut mengambil tema Polri Peduli Penghijauan.

Menurut Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, selain mendukung program Kapolri tentang peduli penghijauan, program ini untuk mendukung program pemerintah.

Belajar Komputer di Sanggar Milik Pria di Wonogiri Ini, Bayar Kelas Hanya dengan Sampah

Saat ini pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan dan alam sekitar dengan program penanaman sejuta pohon yang akan ditanam oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 januari 2020 mendatang.

Kapolres menyampaikan, dengan penanaman pohon terdapat banyak manfaat yang didapat, di antaranya mencegah banjir dan tanah longsor.

Sehingga dapat dipastikan udara menjadi bersih sehat dan segar.

"Sumber mata air juga akan bermunculan dimana-mana sehingga di musim kemarau kita tidak akan khawatir air bersih dan segala bencana dapat kita cegah termasuk peningkatan suhu bumi yang terus naik karena rusaknya ozon," paparnya.

Pria di Wonogiri Rela Sisihkan Gaji hingga Setia Nonton Kick Andy Demi Dapat Buku untuk Sanggarnya

Dengan diserahkannya jumlah bibit ini, ia berharap seluruh masyarakat mendukung program penghijauan, tidak hanya bisa menanam namun juga pandai merawat dan menjaganya.

"Untuk itu saya menggugah kesadaran dan partisipasi semua pihak juga masyarakat pada umumnya untuk berupaya mencari bibit, dan menanamnya sebanyak mungkin agar apa yang menjadi cita-cita kita bersama menjadikan bumi tidak nyaman dapat tercapai," terangnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Wonogiri Bambang Hariyadi mengatakan, penanaman pohon yang dilaksanakan di awal musim hujan ini, kedepannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kelestarian lingkungan hidup dan juga memberikan nilai tambah secara ekonomis.

Talut Karangtengah Wonogiri Longsor, Timbun Garasi Rumah dan 5 Motor

"Kabupaten Wonogiri selama ini dikenal sebagai wilayah yang rentan bahaya kekeringan di musim kemarau dan rawan banjir dan tanah longsor pada saat musim penghujan, sehingga harus ada langkah nyata dalam menjaga dan memelihara lingkungan agar menjadi nyaman salah satunya dengan menjaga lingkungan," katanya.

Rencananya ribuan bibit tanaman pohon tersebut akan ditanam di Dusun Watu Cenik dan Dusun Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved