Anies Minta Lurah Aktif Beri Peringatan Dini Banjir Agar Warga Tak Telat Evakuasi

"Kelurahan diinstrusikan turun langsung ke lapangan untuk door to door (pintu ke pintu) warga"

Anies Minta Lurah Aktif Beri Peringatan Dini Banjir Agar Warga Tak Telat Evakuasi
kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Rusunawa Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020).(KOMPAS.com/NURSITA SARI) 

TRIBUNSOLO.COM -  Pemerintah di tingkat Kelurahan diminta aktif turun ke lapangan memberikan peringatan dini Banjir pada warga di Jakarta. 

Permintaan ini dikeluarkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta lurah supaya aktif memperingatkan warga soal peringatan dini bencana banjir.

Hal ini berkaca pada pengalaman sebelumnya Rabu (1/1/2020) lalu, banyak warga yang terlambat mengevakuasi barang berharganya karena keburu diterjang banjir.

“Kelurahan diinstrusikan turun langsung ke lapangan untuk door to door (pintu ke pintu) warga, tujuannya kalau ada kejadian malam atau dini hari masyarakat bisa langsung mengantisipasi,” kata Anies di Kementerian BUMN pada Jumat (10/1/2020).

Anies Baswedan Sebut Anak-anak Senang Main saat Banjir, Menkes Ingatkan Bahaya Ini

Ramai di Twitter Tudingan Anggaran Cegah Banjir Dipangkas Demi Formula E, Ini Jawaban Anies Baswedan

Karena itulah pihak kelurahan membangun posko siaga banjir selama 24 jam. Dalam posko itu, kata dia, ada unsur pemerintah daerah dan masyarakat.

Fungsinya, kata Anies, untuk memantau secara dini bila ada peningkatan permukaan genangan di tempat yang mengalami hujan secara intensif.

"Lalu di daerah aliran sungai, agar petugas merespon cepat apabila pintu air menunjukan tanda kenaikan permukaan air, sehingga warga dikampung sekitar daerah aliran sungai bisa disiagakan,” ujarnya.

Menurut Anies, bencana banjir cenderung menerjang warga pada malam dan dini hari.

Pada waktu itu banyak masyarakat yang sedang istirahat atau tertidur, sehingga bila peringatan dini disampaikan lewat telepon dikhawatirkan ponsel mereka tidak aktif.

“Para tokoh masyarakat, RT dan RW agak susah mengabarkan kepada warganya melalui WA (WhatsApp), sementara orang sedang tidur,” jelasnya. (faf)

Artikel ini telah dipublikasikan wartakota.tribunnews.com dengan judul: Anies Minta Lurah Door to Door Sampaikan Peringatan Dini Banjir kepada Warga

Editor: Ryantono Puji Santoso
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved