Tanggapi Majunya Keluarga Presiden di Pilkada, Pengamat: Harusnya Jaga Jarak dari Politik Praktis

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, keluarga inti Presiden seharusnya menjaga jarak dari politik.

Tanggapi Majunya Keluarga Presiden di Pilkada, Pengamat: Harusnya Jaga Jarak dari Politik Praktis
Instagram/kaesangp
Gibran Rakabuming, Bobby Nasution, Kaesang Pangarep 

TRIBUNSOLO.COM -  Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, keluarga inti Presiden seharusnya menjaga jarak dari politik praktis.

Hal tersebut berkaitan dengan majunya keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 ini.

Mulai dari putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, menantunya Bobby Afif Nasution, adik iparnya Wahyu Purwanto, hingga paman menantunya Doli Sinomba Siregar.

"Sebagai Presiden yang masih menjabat, semestinya keluarga inti presiden harus menjaga jarak dari politik praktis," ujar Pangi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/1/2020).

Bila Rekomendasi Turun ke Gibran, PSI Siapkan Dukungan Maksimal di Lapangan

Jika Ternyata Hanya akan Jadi Wakil di Pilkada Solo 2020, Ini Tanggapan Gibran Rakabuming

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari konflik kepentingan dan menghindari potensi penyalahgunaan kekuasaan.

Selain itu juga untuk menghindari pemanfaatan adanya pengaruh Presiden (coat-tail effect) untuk kepentingan pribadi terkait kontestasi yang mereka ikuti.

Meski tak ada aturan hukum soal larangan keluarga Presiden terlibat politik praktis, kata dia, akan tetapi hal ini tersandera dengan etika dan kepatutan.

"Semestinya harus dipertimbangkan matang, jangan terkesan seperti fenomena 'politik aji mumpung', kebetulan Bapak lagi jadi Presiden," kata dia.

Soal Wakil Pendampingnya, Gibran Rakabuming: Saya Serahkan Pimpinan Saja

Tanggapi Sinyal Hasto soal Rekomendasi Jatuh pada Dirinya, Gibran akan Tunggu Pernyataan Resmi

Terlibatnya keluarga inti Presiden Jokowi juga dinilai menjadi varian politik baru dalam dinasti di Indonesia.

Pasalnya, Presiden yang bersangkutan masih menjabat.

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka akan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo di Pilkada 2020.

Kemudian Bobby Afif Nasution akan mencalonkan menjadi Wali Kota Medan, Wahyu Purwanto akan mencalonkan diri menjadi Bupati Gunungkidul, serta Doli Sinomba Siregar yang akan mencalonkan diri sebagai Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

(Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamat: Keluarga Inti Presiden Harusnya Jaga Jarak dari Politik Praktis"

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved