Gunakan Foto Wanita Cantik, Hamas Retas Ponsel Tentara Israel

Letnan Kolonel Jonathan Conricus menjelaskan, tanpa disadari oleh tentara Israel, ponsel mereka diretas oleh Hamas berbekal gambar wanita cantik.

Gunakan Foto Wanita Cantik, Hamas Retas Ponsel Tentara Israel
(IDF via BBC)
Gambar yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memperlihatkan wanita cantik yang dipakai oleh Hamas untuk meretas ponsel puluhan tentara mereka. 

TRIBUNSOLO.COM -  Hamas dilaporkan menggunakan gambar wanita cantik untuk meretas ponsel puluhan tentara Israel, demikian keterangan militer.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, kelompok itu mengirim foto tersebut untuk menggiring sejumlah serdadu mengunduh aplikasi.

Letnan Kolonel Jonathan Conricus menjelaskan, tanpa disadari oleh tentara Israel, ponsel mereka diretas oleh Hamas berbekal gambar wanita cantik.

Sebab Motivator Agus Piranhamas Tampar 10 Siswa di Acara Seminar, Awalnya Pergoki Ada Siswa Tidur

Sederet Fakta Tentara Thailand Bunuh 26 Orang di Korat: Sempat Update Status di Facebook

Dilansir BBC Senin (17/2/2020), Conricus menyatakan tidak ada "informasi berharga" yang diambil sebelum plot Hamas terbongkar.

Upaya peretasan itu disebut merupakan yang ketiga dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, Conricus mengakui percobaan yang terbaru adalah yang tercanggih.

"Kami mengetahui bahwa mereka jelas belajar dari pengalaman, dan menaikkan kemampuan mereka," jelas Conricus dalam konferensi pers.

Dia menuturkan, si peretas menyamar sebagai gadis muda yang fasih berbahasa Ibrani, di mana dia mengaku sebagai imigran yang punya gangguan penglihatan atau pendengaran.

Setelah meyakinkan si korban, peretas kemudian mengirimkan sebuah tautan dengan dalih agar mereka bisa saling bertukar foto.

Namun, yang sebenarnya diunduh oleh tentara Israel itu merupakan malware, program yang bisa menyerang komputer maupun ponsel.

Begitu tautan itu diunduh, secara otomatis program akan menempatkan virus yang memberi akses bagi peretas data korban, termasuk lokasi hingga kontak di telepon.

Halaman
12
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved