Breaking News:

Cegah Virus Corona, Simak Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Masker

Kita ketahui sebelumnya jika secara pasti penyakit ini belum memiliki vaksin atau obat, sehingga antisipasinya harus dari diri sendiri.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
IRNA
Ilustrasi penyebaran virus corona 

TRIBUNSOLO.COM - Baru-baru ini secara resmi Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang WNI yang berdomisili di Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif Covid-19.

Kita ketahui sebelumnya jika secara pasti penyakit ini belum memiliki vaksin atau obat, sehingga antisipasinya harus dari diri sendiri.

Dua Orang Indonesia Positif Corona, Apotek Dekat Rumah Presiden Jokowi Pasang Tulisan Masker Habis

Untuk itu berbagai upaya antisipasi tersebut antara lain mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menghindari kontak dengan orang sakit, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menggunakan masker.

Masker hanya untuk orang sakit?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto, Sp.K(K) menyebutkan bahwa penggunaan masker adalah salah satu upaya untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2.

Namun, penggunaan masker lebih diprioritaskan pada orang yang tengah sakit.

“Disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari bagi yang sakit,” tutur Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal serupa diutarakan oleh Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan.

“Penggunaan masker itu sebenarnya harus selalu dipakai atau diwajibkan bagi orang yang sakit,” tutur Erlina beberapa waktu lalu.

Bagaimana dengan orang dengan kondisi sehat? Erlina menyebutkan, orang sehat sebaiknya menggunakan masker saat berada pada lingkungan yang ramai.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved