Breaking News:

Cara dan Syarat Daftar KIP Kuliah, Bisa untuk Mendaftar SBMPTN 2020 serta PTS

Sosialiasi KIP Kuliah ini dihadiri antara lain oleh Sesditjen Pendidikan Tinggi Paristiyanti dan Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih.

(DOK. KEMENDIKBUD)
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa dari kita mungkin belum tahu jika Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah dapat digunakan bagi siswa yang mendaftar jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan juga Perguruan Tinggi Swasta ( PTS).

Informasi ini disampaikan dalam sosialisasi Kemendikbud kepada media terkait peluncuran KIP Kuliah dan pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020 di Jakarta (26/2/2020).

Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka, Ada 400 ribu KIP Kuliah Baru, Begini Tahapan Pendaftarannya

Sosialiasi KIP Kuliah ini dihadiri antara lain oleh Sesditjen Pendidikan Tinggi Paristiyanti dan Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih.

“Kami berharap adik-adik yang berminat untuk kuliah jangan berhenti hanya karena tidak ada dana. Bapak Presiden melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkan sekitar 400 ribu KIP Kuliah," ujar Sesditjen Pendidikan Tinggi Paristiyanti di Kemendikbud, Jakarta (26/2/2020).

Lalu, apa saja syarat dan tahapan pendaftaran KIP Kuliah?

Syarat penerima KIP Kuliah

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

4. Memiliki keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Halaman
123
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved