Breaking News:

Solo KLB Corona

Bantu Ketersediaan APD di Puskesmas, Bhayangkari Polres Wonogiri Buat Pelindung Wajah Berbahan Mika

Bhayangkari Polres Wonogiri membuat pelindung wajah dengan kreasi sendiri guna membantu ketersedian alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Penulis: Agil Tri | Editor: Adi Surya Samodra
TribunSolo.com
Bhayangkari Polres Wonogiri membuat APD pelindung wajah, Selasa (7/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Bhayangkari Polres Wonogiri membuat pelindung wajah dengan kreasi sendiri guna membantu ketersedian alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis. 

Pelindung dibuat dengan bahan dasar mika, dengan diberikan busa agar nyaman saat dikenakan.

Proses pembuatannya pun cukup mudah, hanya membutuhkan perkakas seperti gunting, solasi, dan penggaris. 

Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri, Dani Tobing menyampaikan pembuatan pelindung wajah atas petunjuk serta bimbingan dari Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah, Ningrum Rycko Amelza Dahniel pasca maraknya wabah Covid -19. 

Pembuatan APD dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada para tenaga medis dan tenaga pengamanan TNI-Polri yang melakukan penanganan Covid-19. 

Diancam Sebarkan Foto Syur, Seorang Pria di Sumatera Barat Peras Pacarnya Minta Uang Rp 42 Juta

Rumah Mewahnya Ada Closet Luas Bak Milik Artis Hollywood, Prilly Latuconsina Nangis Ingat Masa Lalu

"Seluruh pengurus bhayangkari bekerja secara serentak di rumah masing-masing membuat  APD sendiri yaitu face shield sejak tanggal 24 Maret 2020 dan hingga kini telah memproduksi 2400 unit yang telah di bagikan kepada para medis dan relawan yang ada di Wonogiri," terangnya, Selasa (7/4/2020).

Pembuatan APD ini juga untuk mengedukasi masyarakat, relawan dan khususnya para petugas medis untuk membuat APD dengan mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak.

Paur Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono menambahkan, face shield yang dibuat oleh pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri ini menggunakan bahan plastik mika dengan ketebalan 0,3 milimeter. 

Sedangkan untuk panjang dan lebarnya yakni hanya 30 sentimeter. 

Menurutnya, plastik mika yang digunakan ini cukup bening, sehingga tidak mengganggu penglihatan tenaga medis saat melakukan penanganan.

"Dengan adanya pembuatan APD ini dapat membantu para tenaga medis, TNI Polri dan relawan," kata dia. 

"Apalagi saat ini APD seperti itu sangat sulit didapatkan," katanya.

Selanjutnya untuk distribusi langsung dilakukan oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dengan melibatkan personil polres dan polsek untuk dibagikan kepada tenaga medis puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved