Kartu Pra Kerja

Penjelasan Pemerintah soal Jumlah Uang yang Diterima Peserta Kartu Prakerja, Cair Pekan Depan

Bagi mereka yang sudah (selesai) mengikuti 1 kali pelatihan misalnya, dapat mengambil biayanya Rp 400.000.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Posko pendampingan pendaftaran program Kartu Prakerja yang disediakan Pemprov Jatim di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim didatangi banyak pencari kerja terutama mereka yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, 200.000 peserta Kartu Prakerja tahap pertama akan mengikuti pelatihan pekan depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, peserta harus mendaftarkan akun dompet digital (e-wallet) sebelum melakukan pelatihan.

"Nanti dipilih e-wallet apakah menggunakan LinkAja, Ovo atau apapun sesuai dengan pilihan. Sesudah menyelesaikan pelatihan maka akan ditransfer dari perbankan dalam hal ini Bank BNI ke rekening tersebut," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Promo Work From Home Toko Gramedia Online : Belanja Buku Diskon 30 Persen, Gratis Ongkir

Begini Awal Mula Mahasiswa UNS yang Tak Tunjukkan Indikasi Sakit Akhirnya Dinyatakan Positif Corona

Dengan demikian, ia mengungkapkan, sesudah mengikuti pelatihan maka pekan depan sudah ada peserta Kartu Prakerja yang mendapatkan uang.

"Pelatihan sebesar Rp 600.000 pekan depan untuk program Kartu Prakerja ini dan tentunya nanti ada pelatihan berikutnya. Juga akan ada juga evaluasi dalam bentuk survei yang setiap survei juga diberikan Rp 50.000," kata Airlangga.

Kemudian, setelah menyelesaikan dan menerima uang pelatihan awal Rp 600.000 maka akan ada tambahan Rp 400.000 untuk bulan pertama saja, sehingga totalnya Rp 1 juta.

Bagi mereka yang sudah (selesai) mengikuti 1 kali pelatihan misalnya, dapat mengambil biayanya Rp 400.000.

"Jadi, untuk biaya pelatihan yang disediakan oleh pemerintah (tahap pertama) sebesar Rp 1 juta, masih bisa dimanfaatkan untuk pelatihan berikutnya dengan syarat pelatihan pertama itu sudah diselesaikan secara lengkap," pungkas Airlangga. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Peserta Kartu Prakerja Mulai Dapat Uang Pekan Depan, Segini Besarannya

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved