Virus Corona

Ini Beda Mudik & Pulang Kampung Versi Presiden Jokowi : Mudik Itu di Hari Lebaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya memiliki arti mudik dan pulang kampung versinya sendiri dan menyebut keduanya memiliki arti yang berbeda.

Tribunjateng.com/Galih Permadi
ILUSTRASI : Jokowi saat masih jadi Gubernur DKI Jakarta (kiri) bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo Urung (kanan) dalam satu kesempatan di Lodji Gandrung Solo, Juli 2014. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya memiliki arti mudik dan pulang kampung versinya sendiri dan menyebut keduanya memiliki arti yang berbeda.

Hal itu disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan mengapa pemerintah tak melarang masyarakat mudik sejak penetapan tanggap darurat Covid-19 sehingga mata rantai penularan ke daerah bisa terputus sejak awal.

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung, jadi mereka pulang," kata Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab dalam program Mata Najwa yang tayang pada Rabu (22/4/2020).

"Ya kalau mudik itu di hari Lebaran-nya. Beda. Untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang namanya pulang kampung itu yang bekerja di Jakarta, tetapi anak istrinya ada di kampung," lanjut dia.

Viral Ucapan Jokowi soal Mudik Tak Sama dengan Pulang Kampung, Apa Kata Dosen Sastra Indonesia?

Larissa Chou Ulang Tahun ke-24, Alvin Faiz Beri Ucapan Super Romantis Hingga Buat Penggemar Terharu

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menganggap wajar bahwa banyak orang yang kembali ke kampung halaman di masa pandemi Covid-19 karena kehilangan pekerjaan di tanah rantau.

Jokowi menambahkan, mereka yang sehari-harinya tinggal berdesakan di rumah sewa yang sempit di Jabodetabek lebih berbahaya jika tidak pulang kampung.

Penyebabnya, mereka sudah kehilangan pekerjaan sehingga tak sanggup memenuhi gizi sehari-hari yang cukup untuk menangkal virus corona.

"Mereka di sini tidak bekerja. Lebih berbahaya mana? Di sini di dalam ruangan dihuni 8-9 orang atau pulang ke kampung, tapi di sana sudah disiapkan isolasi dulu oleh desa," ujar Jokowi.

"Saya kira sekarang semua desa sudah menyiapkan isolasi ini yang pulang dari desa. Lebih bahaya mana? Saya kira kita harus melihat lebih detail lapangannya. Lebih detail angka-angkanya," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyatakan larangan kepada masyarakat dari daerah yang melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mudik.

Namun, sebelum pemerintah memberlakukan larangan mudik, data Kementerian Perhubungan menunjukkan, hampir sejuta orang telah kembali ke kampung halaman lantaran kehilangan pekerjaan pada masa pandemi.

Halaman
12
Editor: Adi Surya Samodra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved